publiknesia.com – Butuh Liburan Keluarga yang Seru? Periksa List Tempat Wisata Anak di Jogja. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Edukatif & Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan Besama Orang Tercinta.

Jogja memang menjadi surga wisata yang menawarkan banyak destinasi liburan yang hits. Saat Anda singgah di kota satu ini, Anda bisa mengunjungi beragam objek wisata keluarga di Jogja bersama keluarga. Pastinya akan membuat liburan semakin seru dan menyenangkan. Berikut ini rekomendasi wisata keluarga yang populer di Yogyakarta.

1. Taman Pintar

Tempat wisata di Jogja pertama yang ramah anak yaitu Taman Pintar. Lokasinya mudah dijumpai di tengah kota, tak jauh dari Malioboro. Wisata edukatif ini menghadirkan beragam wahana menarik dan menyenangkan. Taman edukasi ini cocok dikunjungi bersama buah hati dan keluarga. Konsepnya bagus dan tidak monoton dengan penyajian banyak ruang ilmu pengetahuan.

2. Perpustakaan Grhatama Pustaka

Ingin berwisata sambil menumbuhkan minat baca Si Kecil? Grhatama Pustaka menjadi tujuan yang tepat. Perpustakaan dengan konsep yang menarik dengan aneka ragam koleksi buku. Serta kehadiran bioskop 6D di lantai dasar akan membuat buah hati dan keluarga terhibur. Tak hanya itu, taman baca ini dilengkapi dengan ruang bermain, ruang musik, dan ruang dongeng anak.

3. Museum Gunung Merapi

Walaupun lokasinya terletak di kawasan lereng selatan Merapi. Namun tempat wisata ini menyuguhkan interior cantik dengan koleksi benda-benda museum dengan tema berbeda-beda. Berwisata kesini tak hanya akan menghibur diri, tetapi juga memperkaya isi kepala dengan segudang ilmu dan fakta-fakta menarik tentang pengetahuan bidang Gunung api, gempa bumi, dan bencana alam.

4. Ice Cream World Jogja

Salah satu tempat wisata anak di Jogja yang akan membuat si Kecil kegirangan adalah Ice Cream World Jogja. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyediakan beraneka ragam jenis es krim dan gelato dan spot foto yang instagramable. Sebelum menjelajahi area Ice Cream World Jogja, wajib untuk menikmati satu cup berisi dua scoop es krim yang rasanya lezat dan segar.

Kafe yang terletak di daerah Kalasan ini menyuguhkan beragam dekorasi berbentuk makanan dalam ukuran raksasa yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Saat berwisata ke sini, jangan lupa memakai outfit yang kece untuk foto OOTD dan pastikan smartphone terisi baterai full agar bisa mengabadikan tiap momen dengan properti foto yang tersedia di sini.

5. Teddy Bear World Jogja

Si Kecil suka dengan boneka Teddy Bear? Ajak anak Anda ke Teddy Bear World Jogja untuk bermain boneka Teddy Bear sepuasnya. Pada destinasi wisata ini menyajikan beragam boneka Teddy Bar dengan ukuran raksasa. Tak hanya menggemaskan, boneka favorit Mr Been ini akan mengajak pengunjung bersafari ria. Tiap sudut dan ruangan Anda akan menjumpai boneka ini.

Tentu Anda dan keluarga tak ingin melewatkan momen foto bersama Teddy Bear yang lucu. Terdapat banyak spot foto bersama boneka beruang dengan beragam ukuran dan tema yang berbeda. Gunakan berbagai properti pendukung yang tersedia, agar hasil foto seperti nyata dan menarik.

6. De Mata, De Arca, De Walik Museum

Ingin berpose bersama Ratu Elizabeth, Hulk, atau tokoh Avengers lain? Bisa Anda dapatkan melalui destinasi wisata ini. Dengan konsep yang memanjakan para penggiat foto narsis,Anda akan disuguhi gambar 2D dengan sensasi 3D, yang banyak menipu mata. Tujukan ekspresi terbaik Anda saat berfoto di sini.

7. Kampung Teletubbies, Desa Wisata Rumah Domes

Ingin melepas rindu dengan Teletubbies dengan mengunjungi kampung Teletubbies di Jogja.Kampung wisata ini memang diisi dengan rumah-rumah berbentuk kubah setengah lingkaran, mirip seperti tempat tinggal Teletubbies di serial televisi anak. Bentuk setengah lingkaran didesain agar lebih tahan gempa.

8. KidsFun Parc Yogyakarta

Namanya saja terdengar mengasyikkan, apalagi langsung bermain di tempat wisata yang satu ini. KidsFun Parc adalah destinasi liburan dengan dunia yang cocok untuk anak-anak bersuka ria. Pasalnya Kids Fun Yogyakarta menawarkan 23 wahana wisata untuk anak-anak. Dengan begitu kegiatan bermain akan semakin menyenangkan.

Tak hanya wahana bermain, Kids Fun Parc Yogyakarta juga menyajikan parade pertunjukkan yang edukatif. Berdandan ala putri, berlagak pahlawan seperti superhero atau pertunjukan karakter fantasi lainnya dapat dilakukan oleh buah hati Anda. Kapan lagi bisa melihat Si Kecil berkostum cantik ala Cinderella?

9. Upside Down World

Rasakan sensasi berjalan di langit-langit rumah ala Spiderman dengan mengunjungi tempat wisata Upside Down World. Di sini Anda akan merasakan bagaimana rasanya dunia terbalik. Terdapat belasan ruangan dengan properti menempel di atap alias terbalik. Pemandangan yang unik ini tidak boleh dilewatkan untuk berfoto atau berselfie ria.

Ketika berada di dalam ruangan ini, rasanya Anda sedang berjalan dan bergelantung di langit-langit rumah tanpa gravitasi. Bahkan di setiap spot ruangan ada pemandu dan pengarah gaya, yang akan membantu Anda untuk mengambil setiap foto dan gambar. Dijamin potret foto Anda selain instagramable bakal unik dan menarik.

10. Museum Dirgantara Yogyakarta

Mewujudkan mimpi si kecil menjadi pilot dengan berkunjung ke Museum Dirgantara Yogyakarta. Anda dan buah hati akan disuguhi 36 koleksi pesawat terbang terutama jenis pesawat tempur. Dengan 28 diorama menarik dan koleksi bersejarah tentu tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Hingga saat ini, museum satu ini masih menjadi favorit bagi wisatawan.

11. Taman Pelangi Monjali

Bagi Anda yang suka selfie dengan background instagramable, wajib untuk berkunjung ke Taman Pelangi Monjali. Di area Monumen Jogja Kembali (Monjali), Anda bisa menyaksikan pelangi di malam hari. Pelangi buatan dalam bentuk lampion akan membuat malam Anda bermandikan lampion warna-warni.

12. Sindu Kusuma Edupark

Jika sering menyaksikan film dengan format 2D atau 3D, nah kali ini Anda harus merasakan bagaimana sensasinya menonton film dengan format delapan dimensi. Tempat wisata di daerah Sleman ini menawarkan tayangan berformat delapan dimensi. Tak hanya itu, banyak pilihan wahana mengasyikkan untuk menemani akhir pekan Anda bersama buah hati.

Ingin menyaksikan Kota Jogja dengan cara yang anti-mainstream? Langsung saja menuju ke Ferris Wheel bernama Cakra Manggilingan. Di sini Anda melihat kota Jogja dari ketinggian yang tak tanggung-tanggung, yaitu nyaris mencapai 50 meter. Atau mencoba Lompat-lompatan di Panggon Lunjak, menggabungkan atraksi trampolin dan slingshot, sampai si kecil berteriak-teriak kegirangan.

Semua keseruan itu dapat diperoleh dengan mengelilingi wahana Sindu Kusuma Edupark. Wahana transportasi yang tersedia beraneka macam mulai dari naik kereta api, menggunakan segway dan mengendarai mobil kuno. Inovasi terkini yaitu cahaya warna warni dari area Light Festival yang akan membuat malam weekend Anda semakin lebih meriah.

13. Grand Puri Waterpark

Siapa yang tidak suka bermain air? Pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan dengan bermain air bersama Grand Puri Waterpark. Taman rekreasi air dengan kolam renang terbesar di Bantul akan memanjakan si buah hati. Dengan biaya yang relatif murah, rugi jika tak berkunjung ke taman air ini dan menikmati semua permainan bersama putra putri Anda!

14. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

Bila mampir ke Yogya namun tak berkunjung Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark, Anda akan rugi! Mari ajak Si Kecil dan keluarga untuk berpetualang di air dengan merasakan gelombang tsunami yang bikin deg-degan melalui destinasi wisata Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark.

Sebagai salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara dengan mengusung tema bajak laut, Anda akan diajak mencoba 19 wahana air yang seru dan menyenangkan. Mencoba wahana How to Survive in Tsunami and Earthquake membuat Anda merasakan sensasi mendapatkan hantaman gelombang tsunami. Tak hanya itu, pertunjukan spektakuler berupa drama musikal serta petualangan edukasi juga ditampilkan.

15. The World Landmarks Merapi Park

The World Landmarks Merapi Park jawabannya. Destinasi wisata ini akan mengajak wisatawan untuk keliling dunia tanpa mengeluarkan paspor. Anda akan disuguhkan dengan berbagai landmark yang terkenal dari segala penjuru dunia seperti Menara Eiffel. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan spot foto yang instagramable.

16. Tebing Breksi

Sebuah tebing yang terletak di lokasi bekas penambangan batu kapur yang cukup luas. Tambang batu kapur setinggi 20 meter ini sudah ditinggalkan dan saat ini disulap menjadi tempat yang luar biasa menarik untuk dijadikan spot foto. Siapkan kamera Anda untuk memotret keindahan eksotis tempat ini. Selain dikunjungi siang hari, malam hari di sini juga menakjubkan.

17. The Lost World Castle

Wisata ini seperti menantang pengunjung untuk menaklukkan kastil dan meniti tangga menuju awan. Saat berada di destinasi wisata ini Anda seperti sedang tidak berada di Jogja. Beraneka kastil dengan gaya Eropa berdiri dengan megah, lengkap dengan patung kuda, replika Stonehenge, pohon-pohon bunga sakura, tenda-tenda Indian, sampai patung dinosaurus.

Berkunjung saat cuaca sedang cerah akan menambah kesan tersendiri sebab Anda akan dipamerkan keindahan Gunung Merapi yang megah atau panorama Kota Yogyakarta dari kejauhan. Walaupun destinasi wisata ini baru hadir, The Lost World Castle yang terletak di kaki Gunung Merapi sukses menarik perhatian para wisatawan apalagi panorama sekitarnya juga mempesona.

18. Keraton Jogja

Berlibur dengan mengajak anak mengunjungi warisan budaya di Jogja, salah satunya Keraton Jogja. Berada di jantung kota membuat lokasi ini mudah ditemukan. Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat) adalah tempat tinggal Sultan dan keluarganya Dengan sejarah yang kental, membuat anak-anak memperoleh wawasan dan mengenal lebih jauh budaya Jawa.

19. Benteng Vredeburg

Tak ada salahnya mengajak anak untuk mengunjungi salah satu peninggalan Belanda berupa benteng Vredeburg. Dengan nilai historis yang panjang dan masih bertahan sampai saat ini akan membuat sang buah hati mengenal sejarah lebih jauh. Tak hanya sekedar benteng, terdapat museum dengan koleksi karya seni yang beraneka ragam.

20. Taman Sari Jogja

Setelah berkunjung ke Keraton Jogja, Anda bisa mengunjungi wisata nuansa ningrat melalui Taman Sari Jogja. Destinasi wisata ini merupakan bekas taman Keraton Jogja yang dibangun sebagai tempat rekreasi bagi Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat beserta para keluarganya, dan seluruh kerabat istana. Mengajak si kecil atau keluarga tentu bisa menambah pengetahuan.

Menghabiskan akhir pekan atau liburan sekolah dengan mengajak sang buah hati dan keluarga mengunjungi berbagai wisata di Jogja. Selain berlibur, menjelajahi wisata edukatif akan menambah wawasan dan pengalaman yang tak terlupakan oleh Si Kecil. Nah, berbagai wisata di atas bisa menjadi list tempat wisata untuk dikunjungi. Tertarik untuk mengunjunginya?