publiknesia.com – Program TikTok Shop 9.9 Big Sale yang diadakan oleh platform digital TikTok Shop sukses menjadi salah satu festival belanja online dengan penjualan besar pada September 2022.

Selama festival belanja angka kembar itu berlangsung, TikTok Shop berhasil mencatatkan rekor gross merchandise value ( GMV ) sebesar 189 persen ketimbang hari biasa.

Bahkan, GMV TikTok Shop sudah meningkat 4 kali lipat sejak jam pertama pada 9 September 2022. Jumlah pesanan pada momen tersebut juga meningkat sebesar 139 persen. Dari sisi engagement, juga tercatat mengalami peningkat.

Berdasarkan catatan TikTok, jumlah kreator yang terlibat TikTok Shop 9.9 Big Sale meningkat. Durasi live streaming, jumlah pesanan, penonton, dan likes, serta capaian GMV tiap brand atau seller ikut pula terkerek.

Lalu, upaya apa saja yang dilakukan oleh para kreator TikTok Shop dalam menarik perhatian penonton hingga berhasil memecahkan rekor GMV TikTok Shop 9.9 Big Sale?

Berikut adalah sejumlah tip dan cerita yang dibagikan para kreator pada momen tersebut.

1. Interaktif dan solutif selama sesi live

Untuk menggaet engagement pengguna serta mengajak mereka untuk melakukan pembelian, seller dan kreator harus memahami terlebih dahulu bahwa platform TikTok mengusung konsep shoppertainment.

Itu berarti, pengguna TikTok tidak datang untuk tujuan membeli barang. Mereka memakai platform itu untuk mencari hiburan, kemudian baru memutuskan berbelanja.

Oleh karena itu, baik seller maupun kreator harus membuat sesi live yang interaktif dan menghibur. Dengan begitu, pengguna TikTok dapat merasa terhubung dengan brand. Peluang produk terjual pun meningkat.

Cara tersebut sukses dilakukan oleh kreator TikTok Shop, Nia. Pemilik akun @niafitri1701 ini mengaku berhasil mendapat GMV yang tinggi berkat penjualan sejumlah produk fesyen yang dilakukan secara live.

Nia pun membagikan beberapa tip memasarkan produk lewat fitur Shoppable Livestream di TikTok Shop. Menurutnya, kunci keberhasilan pada sesi tersebut adalah interaktif dan solutif dalam menjawab semua pertanyaan penonton.

Nia sendiri aktif berinteraksi pada kolom komentar dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna TikTok. Ia juga memberikan rekomendasi produk best seller yang cocok untuk kebutuhan pengguna TikTok.

“Hal ini sangat penting untuk menarik minat konsumen dan berpengaruh positif terhadap angka penjualan,” ujar Nia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

Senada dengan Nia, Fitria selaku kreator TikTok Shop @fitrianindy yang menjual produk skincare menjelaskan bahwa setiap kreator harus bisa memahami perilaku penonton pada sesi live. Pemahaman ini bisa didapat dengan mempelajari komentar-komentar pengguna TikTok.

Sebagai contoh, jika banyak pengguna mengeluhkan masalah kulit, Fitri pun membagikan tip serta pengalamannya menggunakan produk skincare kepada penonton dalam mengatasi persoalan itu. Kemudian, ia menawarkan produk skincare yang mungkin cocok bagi pengguna.

Tak hanya itu, untuk menarik minat pembeli, ia juga menawarkan sejumlah promo untuk produk best seller dari tokonya dengan durasi waktu terbatas pada sesi live. Dengan cara ini, banyak penonton memutuskan check-out sembari menonton sesi live.

2. Perhatikan traffic dan jangan ragu perpanjang durasi live

Cara selanjutnya adalah memperhatikan traffic dan memperpanjang durasi live jika traffic bagus. Cara ini dilakukan oleh salah satu kreator TikTok Shop, Kohcun, yang berjualan gadget pada TikTok Shop 9.9 Big Sale.

Dengan cara tersebut, pemilik akun @Kohcun itu berhasil menaikkan GMV hingga 1.175 persen dalam satu sesi live stream selama delapan jam. Durasi ini memecahkan rekor sesi live stream-nya yang biasanya hanya dua jam per sesi.

Penambahan durasi tersebut, kata Kohcun, menjadi faktor terbesar dari keberhasilan tokonya dalam mendapatkan peningkatan GMV.

Tak hanya Kohcun, cara itu juga dipraktikkan oleh kreator sekaligus selebritas, Alice Norin. Ia mengakui bahwa penambahan durasi live, terutama saat traffic tengah meninggi, merupakan kesempatan baik bagi kreator untuk menawarkan produknya.

Agar penonton tetap antusias pada sesi live, kreator harus energik dan bersemangat. Dengan demikian, penonton bisa tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Kolaborasi antarpihak dalam sesi live

Kolaborasi antarpihak dalam sesi live yang terdiri dari brand, kreator, dan selebritas dapat berpengaruh dalam menarik minat penonton. Pasalnya, cara ini bisa menambah nilai entertainment dari siaran live yang dilakukan. Dengan begitu, traffic sesi live akan mengalami peningkatan dan peluang produk terjual meningkat.

Adapun salah satu bentuk kolaborasi yang bisa dilakukan adalah dengan menghadirkan selebritas untuk mengisi sesi fan talk saat live streaming. Agar seru, undang salah satu fan untuk menjadi co-host. Cara ini dapat membantu menciptakan kedekatan antara brand, selebritas, dan penonton.

Pada TikTok Shop 9.9 Big Sale, salah satu selebritas yang ikut terlibat dalam sesi fan talk adalah Aurel Hermansyah. Aurel diberi kesempatan oleh TikTok Shop untuk mengadakan live bersama salah satu penggemar yang menjadi co-host. Sesi live ini pun ditonton oleh ribuan pengguna TikTok Shop dan berhasil mencatatkan angka penjualan yang tinggi.

4. Partisipasi dalam kampanye

Seperti festival belanja pada umumnya, program #TikTokShopBigsale99 yang dihadirkan pada platform TikTok juga memiliki kampanye seru yang menarik perhatian, yakni 999 Alasan Sayang TikTok Shop.

Kampanye tersebut merupakan event pertama yang mengumpulkan semua pihak untuk saling berinteraksi dan berbagai cerita seputar pengalaman berbelanja di TikTok Shop.

Pada kampanye tersebut, terdapat sembilan kreator populer yang turut mengungkapkan alasannya menyukai TikTok Shop. Salah satunya adalah Natasha Surya.

Natasha mengatakan, ia sangat menyukai TikTok Shop karena sudah percaya dengan platform itu. Apalagi, platform ini juga diramaikan oleh sejumlah brand, baik lokal maupun internasional.

“Banyak barang yang disubsidi sehingga memberikan harga yang kompetitif bagi pelanggan. TikTok Shop juga memudahkan pelanggan untuk memilih barang yang dibutuhkan dan melakukan check-out (produk). Jadi, ini solusi yang sangat baik,” ujar Natasha dalam videonya untuk kampanye #999AlasanSayangTikTokShop.

Kampanye tersebut diikuti oleh ribuan pengguna TikTok Shop. Dengan mengikuti kampanye, seperti #999AlasanSayangTikTokShop, kreator dan seller dapat ikut berinteraksi dengan pengguna TikTok lain. Hal ini dapat meningkatkan eksposur akun kreator dan seller.

Itulah empat strategi yang diterapkan kreator dalam meningkatkan angka penjualan di TikTok Shop pada program TikTok Shop 9.9 Big Sale.

Anda bisa mengaplikasikan keempat cara ini pada festival belanja lain di platform TikTok Shop.

Untuk informasi lebih lengkap tentang momen belanja, kisah sukses brand, dan edukasi terkait pengembangan bisnis di TikTok Shop, silakan kunjungi tautan .