publiknesia.com – Jakarta Pernahkah kamu merasa seperti tidak pernah mendapatkan kedamaian dalam hidup? Terus-menerus dikelilingi oleh orang-orang yang menuntut waktumu. Tuntutan kehidupan bisa sangat banyak, menjalankan bisnis, bekerja, mengurus keluarga, berpartisipasi dalam komitmen sosial. Apa pun tuntutan gaya hidupmu, kamu perlu memastikan bahwa kamu tidak kelelahan.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat penting. Kita sering memprioritaskan kebutuhan orang lain sebelum kebutuhan kita sendiri karena kita tidak ingin terlihat egois. Nah, meskipun kita memiliki banyak tuntutan, tentu kita juga perlu untuk me time. Ada begitu banyak manfaat me time, salah satunya membantumu lebih mudah mendapatkan ketenangan dan rileks.

Dan, berikut ini adalah beberapa cara menghabiskan waktu untuk mengurus diri sendiri dan membuatmu lebih baik dalam pekerjaan dan meningkatkan kehidupanmu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Kurangi Stres dan Rileks

Jika kamu tidak memprioritaskan waktu “me time” maka kamu akan merasa lebih lelah dan lebih terburu-buru. Berada di bawah tekanan terus-menerus akan meningkatkan tingkat stres dan akhirnya kamu kelelahan. Luangkan waktu untuk bersantai, mengisi ulang energimu dan menurunkan tingkat stres.

Jadilah Lebih Peroduktif

Memiliki daftar tugas yang tidak ada habisnya dan bekerja dari saat kamu bangun hingga saat kamu tertidur bukanlah hal yang sehat. Otak manusia tidak dibangun untuk fokus yang lama. Kamu perlu istirahat secara teratur jika ingin tetap produktif. Melakukan sesuatu yang menyenangkan di waktu istirahat itu akan menyegarkan dan membuatmu kembali ke jalur semula.

Meningkatkan Konsentrasi dan Membantu Memecahkan Masalah

Jika kamu telah memaksakan diri untuk fokus menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dan sepertinya kamu tidak berhasil, istirahatlah. Melakukan sesuatu yang kamu sukai akan membantumu rileks dan tidak membuat otak terlalu tertekan. Kamu akan sering menemukan bahwa solusi tiba-tiba datang kepada karena kamu tidak berusaha memaksanya.

Luangkan Waktu untuk Pemikiran yang Lebih Dalam

Kita perlu meluangkan waktu untuk berhenti dan mengevaluasi diri kita sendiri sesekali. Apa yang penting bagi kita? Apa nilai inti kita? Apa tujuan kita? Kadang-kadang kita begitu terjebak dalam tugas sehari-hari sehingga kita lupa tentang apa yang kita inginkan dan siapa diri kita. Jika kita tidak menyelaraskan tindakan kita dengan tujuan kita, maka kita bisa menjadi tidak bahagia dan tidak terpenuhi.

Tingkatkan Hubunganmu

Menjadikan diri sendiri sebagai prioritas menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu menghargai kebutuhanmu sendiri. Jika kamu tidak menghargai diri sendiri maka orang lain dapat mulai memanfaatkannya. Hargai dirimu sendiri dan orang lain akan menghargaimu.

Keseimbangan Kehidupan Kerja yang Lebih Baik

Memahami pentingnya menjaga kebutuhanmu membuatnya lebih mudah untuk menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Kamu belajar untuk mengatakan “tidak” dan pergi daripada mengambil setiap tugas atau masalah yang menghadang kita. Hal ini memungkinkan kita untuk mengelola hal-hal penting dalam hidup kita dengan lebih efektif.

Kebahagiaan yang Lebih Besar

Melakukan hal-hal yang kita sukai membuat kita merasa lebih bahagia. Merasa lebih bahagia membuat kita lebih positif, sehat dan terpenuhi. Meluangkan waktu untuk bersenang-senang, bersantai atau melakukan sesuatu hanya untuk kita meningkatkan kebahagiaan dan rasa percaya diri kita.

Nah, itulah beberapa manfaat dan cara menikmati waktu untuk diri sendiri. Tentu, ini sangat bermanfaat untuk kehidupan kita.

#WomenforWomen