publiknesia.com – Para pria tentunya memiliki cara tersendiri dalam merawat dan menata rambutnya, terutama pria yang memiliki rambut ikal alami. Bisa dikatakan kalau rambut ikal itu membutuhkan extra care dibandingkan dengan rambut lurus.

Mulai dari produk hair care hingga cara menata rambut ikal pria ada tantangannya tersendiri. Tidak perlu jauh-jauh dulu, deh, hal yang paling umum dilakukan orang, seperti menyisir, saja bisa jadi tricky untuk pria berambut ikal. Jika Anda salah langkah, bisa saja rambut Anda jadi kusut. Tapi, tak perlu cemas karena Kamini telah merangkum 8 tata cara menyisir rambut ikal pria agar jadi lebih mudah diatur.

8 Tata Cara Menyisir Rambut Ikal Pria

1. Keramas

Langkah pertama dalam cara menyisir rambut ikal pria adalah dengan rutin keramas. Rambut ikal sebenarnya tidak terlalu memerlukan waktu keramas yang intens. Cukup 3 kali sehari atau 2 kali seminggu saja, apalagi jika rambut Anda pendek.

Akan tetapi, bukan berarti Anda jadi sama sekali tidak keramas, ya. Kalau Anda baru selesai beraktivitas yang membuat banyak keringat, sebaiknya langsung keramas walupun kemarin Anda sudah melakukannya. Begitu pula jika Anda rutin pakai produk untuk menata rambut seperti hair gel dan pomade. Keramaslah rambut Anda setidaknya 2 hari sekali.

Produk sampo dan conditioner yang Anda gunakan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya gunakanlah produk yang berkualitas dan didesain khusus untuk rambut ikal pria. Lihat tata cara untuk merawat rambut ikal di artikel Cara Merawat Rambut Ikal.

2. Pakai Hair Care

* sumber: www.youtube.com

Setelah keramas dan pakai conditioner, sebaiknya Anda melakukan rangkaian perawatan rambut juga. Soalnya, rambut ikal cenderung lebih mudah terkena masalah daripada rambut lurus. Seperti rambut kering, rambut kusut, dan rambut patah.

Jadi, gunakanlah produk seperti vitamin, serum, atau krim rambut. Produk perawatan rambut seperti ini dapat membantu menutrisi, melembutkan, dan menjinakkan rambut ikal Anda. Rambut pun akan jadi lebih mudah disisir dan ditata.

3. Sisir

* sumber: www.ci4y.com

Sekarang saatnya Anda menyisir rambut. Waktu yang paling tepat buat pria berambut ikal menyisir rambutnya adalah ketika rambut masih basah. Berarti, saat setelah keramas atau setelah menggunakan produk hair treatment merupakan waktu terbaik.

Pilih sisir dengan gigi jarang-jarang. Kenapa? Pertama, rambut ikal bakal nyangkut di sisir bergigi rapat. Kedua, sisir bergigi rapat akan membuat rambut ikal jadi terpisah-pisah dan hasilnya Anda akan terlihat semakin berantakan dan tidak kece. Sisir rambut sesuai dengan gaya yang Anda inginkan. Lalu, Anda tidak perlu mengeringkan rambut lagi. Biarkan saja rambut Anda mengering secara alami.

4. Pakai Styling Product

* sumber: uncrate.com

Jika Anda ingin tatanan rambut yang lebih necis dan tahan lama, sebelum sisiran jangan lupa pakai produk untuk menata rambut. Ada berbagai macam produk yang biasa digunakan pria, seperti pomade, wax, gel, cream, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa jenis produk untuk menata rambut yang biasa dipakai pria:

    Mousse.

Jika Anda menginginkan volume dan tampilan rambut berkilau, gunakanlah hair mousse. Produk ini punya daya tahan (hold) minimum, jadi jangan harap rambut Anda bakal necis seharian kalau cuma pakai hair mousse, ya. Cara menggunakan mousse adalah dengan menuangkan produk secukupnya pada telapak tangan. Lalu, aplikasikan pada rambut yang basah/lembab.

    Gel.

Zaman dulu sekali sebelum adanya pomade, gel rambut merupakan produk penata rambut satu-satunya yang ada di pasaran. Gel biasanya mengandung alkohol yang membuat rambut kering dan kaku, sehingga daya tahan (hold)-nya kuat. Supaya hold-nya semakin kuat, aplikasikan gel pada rambut basah dan biarkan mengering.

    Pomade/Hair Wax/Hair Clay

Ini adalah produk penata rambut paling baru. Teknologi terkininya membuat produk-produk ini dapat membuat tatanan rambut model apa saja dengan tingkat hold bervariasi tergantung keinginan pemakainya.

Nah, itu tadi beberapa rangkaian hair styling yang paling populer digunakan. Kalau Anda suka pakai yang mana? Jika sudah selesai mengaplikasikan produk styling-nya, barulah Anda sisiran sambil menata rambut sesuai gaya Anda.

5. Hair Spray

Cara menyisir rambut ikal pria kali ini dengan menambahkan semprotan hair spray setelah rambut Anda selesai ditata. Langkah ini opsional, Anda bisa melewatinya. Langkah ini dianjurkan jika Anda butuh tatanan rambut yang tidak goyah sama sekali walaupun Anda aktif bergerak. Biasanya, orang yang berkecimpung di dunia entertainment yang memerlukan hair spray lagi, seperti penari misalnya.

Sama seperti pomade, Anda bisa memilih tingkat ketahanan (hold) pada hair spray yang Anda gunakan, ada yang strong, medium, dan biasa. Untuk menggunakan hair spray, semprotkan dari jarak ±15 cm dari rambut. Semprotkan sedikit demi sedikit saja, karena jika terlalu banyak rambut Anda bisa menggumpal dan terlihat jelek.

6. Ganti Model Rambut

* sumber: www.discountparc.com

Supaya tidak bosan, cobalah bereksperimen dengan beragam gaya rambut. Toh, tidak ada aturannya rambut ikal pria harus dimodel apakan, kecuali Anda masih sekolah atau di kantor ada aturan tertentu mengenai potongan rambut.

7. Jangan Terlalu Sering Menyisir

* sumber: www.bigbeautifulbroke.com

Tips tambahan untuk pria dengan rambut ikal, janganlah Anda terlalu sering menyisir rambut. Tentu menyisir rambut merupakan kegiatan harian yang dibutuhkan semua orang. Akan tetapi, untuk orang-orang dengan rambut ikal, terlalu sering menyisir rambut bukanlah hal yang tepat. Apalagi kalau Anda pakai sisir bergigi rapat dan cara menyisirnya terlalu ditekan.

Tujuan menyisir rambut buat orang dengan rambut ikal sebenarnya untuk memisahkan rambut agar tidak kusut saja. Karena rambut keriting punya “pikiran” sendiri sehingga tidak bisa diatur sebebas Anda walaupun Anda menyisirnya selama 10 menit sekalipun. Jadi, sisiran seperlunya saja, ya.

8. Jangan Sering Pakai Hair Dryer

* sumber: www.bblunt.com

Tips terakhir buat rambut ikal pria, jangan terlalu sering pakai alat pengering rambut a.k.a hair dryer, ya! Soalnya, rambut ikal cenderung lebih mudah kering daripada rambut lurus. Kalau Anda tidak mau rambut kering, ujungnya pecah-pecah, dan kusut, gunakan pengering rambut alami saja, yaitu udara dan handuk.

Ya, itulah cara menyisir rambut ikal pria dan beberapa tips tambahan dari Kamini. Semoga bermanfaat, ya. Anda punya tips tambahan untuk rambut ikal pria? Tinggalkan komentar di bawah, yuk.