publiknesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/04/ZXn5Pos1/alarm-mobil-bunyi-sendiri-b5d7.jpg”>

Pencurian kendaraan bermotor memang masih menjadi hal yang menakutkan bagi para pemilik mobil. Guna mencegahnya, para pemilik mobil biasanya memasang alarm. Dengan alat ini diharapkan para pencuri akan langsung tertangkap tangan ketika hendak mencuri kendaraan Anda.

Cara kerja alarm mobil tidak terlalu rumit, dan biasanya terhubung dengan bagian panel-panel pada mobil Anda. Misalnya pada tuas pembuka pintu dan pada bagian pengunci pada pintu mobil. Hal ini sengaja dilakukan agar jika ada aktifitas yang berhubungan dengan membuka pintu atau merusak kunci mobil secara paksa maka alarm akan berbunyi.

Namun adakalanya alarm mobil bunyi sendiri meskipun Anda tidak mengaktifkannya. Penyebab hal ini pun beragam, mulai dari tingkat sensifitas dari alarm tersebut atau bahkan alarm mengalami konsleting.

Biasanya sensitifitas alarm tergantung merek mobil, bahkan bila merek yang sangat mahal hanya terkena getaran pun mobil tersebut akan berbunyi. Karena terlalu sensitif tak jarang keberadaan alarm justru jadi sangat mengganggu karena alarm bunyi sendiri saat ada getaran di dekat mobil.

Lalu bagaimana cara mengatasi ketika terjadi alarm mobil bunyi sendiri?

1. Aktifkan Mode Silent

Mode silent biasanya ditandai dengan logo seperti di lingkaran merah

Jika alarm berbunyi terus, sebaiknya ubah mode alarm jadi silent. Caranya bisa dengan menekan tombol kontrol pada remote alarm mobil Anda ke mode silent. Mode ini biasanya ditandai dnegan logo speaker dicoret.

2. Periksa Baterai Remote

Selalu siapkan baterai cadangan untuk remote alarm

Ketika alarm mobil bunyi sendiri, coba Anda periksa bagian baterainya, karena ada kemungkinan baterai habis. Tentunya ini akan menjadi masalah baru lagi karena Anda harus membuka mobil secara manual yang artinya alarm akan terus berbunyi sampai Anda masuk ke mobil. Untuk itu sebaiknya selalu siapkan baterai cadangan untuk mengantisipasi baterai remote alarm habis tiba-tiba.

3. Buka Pintu Manual

Putar kunci kontak sampai alarm berhenti berbunyi

Cara terakhir untuk mengatasi alarm mobil bunyi sendiri adalah dengan membuka pintu secara manual. Cara ini harus Anda lakukan meskipun suara alarm akan sedikit memekakkan telinga. Buka kunci mobil secara manual lalu masukkan anak kunci ke lubang starter mobil. Kemudian putar bolak-balik kunci kontak dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan sampai alarm tak lagi berbunyi. Namun setelah melakukan hal ini sebaiknya mobil dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa kondisi alarmnya.

Bagi Anda yang ingin mencari alarm mobil baru, dapatkan melalui link di bawah ini:

cintamobil.com.