publiknesia.com – PARIS – Salah satu model klasik yang dimiliki oleh Porsche adalah 928 keluaran 1977 dan berhenti diproduksi pada 1995. Karena jumlahnya yang sedikit sekali, besar kemungkinan hal ini lah yang membuat Porsche 928 begitu ikonik di kalangan pecinta mobil klasik. Demi menghidupkan lagi kenangan dari kendaraan tersebut, modifikator asal Prancis, Nardone Automotive, melakukan restomod pada Porsche 928 generasi pertama dengan fitur yang lebih modern.

Apa yang dimaksud dengan restomod?

Apa unsur modern yang dipasang oleh Nardone Automotive pada Porsche 928 Restomod?

Restomod sendiri merupakan tehnik merestorasi sebuah kendaraan ke bentuk semula namun dengan memasukan unsur-unsur modern di dalamnya baik berupa spare part hingga pada fitur pendukung. Sementara Nardone Automotive melakukan sejumlah perombakan pada bodi yang didesain ulang dan sajian interior yang lebih modern dengan dukungan fitur kekinian.

Desain eksterior yang ditampilkan oleh Porsche 928 restomod ini masih menawarkan sosok visual yang orisinil namun Nardone menggunakan bodywork yang seluruhnya dibuat dari bahan serat karbon. Sementara itu beberapa sentuhan baru juga disematkan seperti lampu utama dan lampu belakang yang menggunakan teknologi LED serta velg 18 inci yang dibalut oleh ban Michelin Pilot Sport 5.

Beralih ke bagian kabin, Porsche 928 besutan Nardone Automotive ini menggunakan material kulit Alcantara dan Foglizzo yang membungkus seluruh jok dan doortrimnya. Sementara itu tersedia pula fitur hiburan yang didukung Posche Classic Management lengkap dengan layanan Apple CarPlay dan sistem audio premium.

Pihak Nardone sendiri menyatakan bahwa restomod yang dilakukan pada Porsche 928 1977 ini harus memiliki karakteristik grand tourer dan digabungkan dengan tingkat kenyamanan, performa dan kemewahan kontemporer.

“Keanggunan dan kelas dari 928 adalah alasan mengapa saya terobsesi dengan mobil ini sejak usia dini. Diabaikan oleh banyak orang, begitu Anda mengendarainya, Anda tidak akan pernah kembali. Ini dikombinasikan dengan hasrat saya untuk gerakan restomod memberi saya ide untuk menciptakan adik perempuan yang sempurna untuk semua resto [Porsche> 911 yang cantik di luar sana. Sekarang kita berada di tempat terbuka, saya tidak sabar untuk bab berikutnya: membawa mobil ke jalan dan mengumpulkan semua penggemar transaxle seperti kita,” kata Thierry Nardone, pemilik Nardone Automotive.

Lebih dalam lagi ke soal jantung pacu, Nardone Automotive menggunakan mesin V8 yang mampu menghasilkan tenaga 395 hp atau lebih besar 50 hp dari versi aslinya dan mesin ini diproduksi pada 1995. Mesin tersebut didukung dengan sistem ECU modern dan dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan serta peranti limited-slip differential. Sejumlah penyempurnaan juga dilakukan oleh Nardone salah satunya ialah penyematan Adaptive controlled electronic suspension dan Adaptive electric power steering.

Nardone Autumotive memastikan Porsche 928 1977 restomod ini akan debut pada hari ini (15/6) sebelum nantinya akan dipamerkan pada ajang Goodwood Festival of Speed di akhir Juni 2022. Belum ada keterangan mengenai banderol yang ditempelkan pada Porsche 928 klasik ini namun Nardone Automotive telah memastikan pengiriman pertamanya kepada konsumen akan dilakukan pada 2024 mendatang. (ALVANDO NOYA/EK)

Sumber: autocar.co.uk

carvaganza.com.