publiknesia.com – Satu contoh artificial intelligence di bidang konstruksi baru-baru ini diumumkan oleh Torch.AI, penyedia teknologi artificial intelligence untuk infrastruktur data.

Mulai diuji, contoh artificial intelligence ini digadang-gadang Torch.AI akan menguak potensi kreatif dan kemampuan problem solving 1000 karyawan Henderson Engineers, yaitu mitranya yang bergerak di bidang desain sistem bangunan.

Contoh artificial intelligence ini mencoba menjawab tantangan di sektor konstruksi yang kerap harus menghadapi kompleksitas tinggi dalam pengerjaan proyek. Henderson Engineers sendiri pernah terlibat dalam berbagai proyek high-profile. Salah satunya adalah pembangunan SoFi Stadium, sebuah stadion berkapasitas 70 ribu penonton yang berlokasi di Inglewood California, AS dan pernah menjadi tempat berlangsungnya acara Super Bowl 2022.

Sektor konstruksi dan bangunan memang kerap menangani proyek-proyek canggih yang melibatkan jaringan supplier yang luas, standar desain bangunan yang ketat, perencanaan yang terperinci, dan margin yang ketat. Sebagai konsekuensinya, sektor ini pun harus bergantung pada informasi yang sangat kompleks dalam bentuk data tak terstruktur, seperti gambar, dokumen PDF, tulisan tangan, teks dan sebagainya.

Nah, contoh artificial intelligence dari Torch.AI ini dapat belajar membaca dokumen dan diagram konstruksi dan bangunan yang kompleks. Torch.AI menggunakan data historis konstruksi dan bangunan dan lebih dari 340 juta parameter (dan terus bertambah) untuk melatih algoritme AI-nya.

Di laman web-nya, Torch.AI menjelaskan bahwa sistemnya sudah “membaca” sekitar 100.000 gambar teknis dan memperlihatkan akurasi yang baik.Misalnya, contoh artificial intelligence ini dapat mengidentifikasi, mengekstraksi, dan membandingkan diagram yang berasal dari 40 lebih halaman file proyek dalam waktu kurang dari satu detik dan rata-rata akurasi 98,9%.

Cara kerja software AI ini dimulai dengan mengidentifikasi data yang diumpankan dan bagaimana data itu bisa bermanfaat. Kemudian sistem akan mengaplikasikan machine learning untuk mengotomatisasi langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memberikan wawasan baru dan mendukung pengambilan keputusan. Semua proses ini berlangsung tanpa intervensi manusia.

Bagaimana contoh artificial intelligence ini dapat membantu menguak potensi manusia? Software ini akan membantu mengatasi hambatan-hambatan terhadap kreativitas dan kemampuan menyelesaikan masalah. Sistem ini akan mengambil alih tugas-tugas yang biasa dan cenderung membosankan bagi karyawan, terutama akibat semakin banyaknya data yang dihasilkan dan kesenjangan teknologi yang kian lebar.

“Sebagai perusahaan di bidang teknik, tim Henderson bekerja dengan sangat teliti, mendalam, dan strategis. Kami segera melihat dampak potensial dari sistem AI ini terhadap tim yang sangat berbakat ini dan kami bersemangat untuk terus mengembangkan hubungan kami,” ujar Brian Weaver, Chairman dan CEO Torch.AI, seperti dikutip dari laman web Torch.AI.