publiknesia.com – TANGERANG – Dalam partisipasinya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Bridgestone Tire Indonesia memboyong Lunar Rover Tire, ban yang bisa digunakan di bulan. Hal tersebut dikarenakan keterlibatan Bridgestone pada misi eksplorasi luar angkasa bersama Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) pada April 2019 lalu.

Dalam misi tersebut, Bridgestone ditunjuk mengembangkan ban khusus yang dapat digunakan untuk kendaraan berjalan di bulan yang disebut Lunar Cruiser.

Pada proses pengembangannya, Lunar Rover Tire sendiri didesain dengan menggunakan material logam elastis seperti wol baja yang dibentuk menjadi tali tebal ban. Sementara itu, setiap rodanya memiliki tampilan dua ban yang ditempatkan tepat bersebelahan dengan tapak yang berlawanan yang terinspirasi dari pola kuku unta. Polanya membantu pergerakan ban membawa beban tanpa menembus pasir terlalu dalam.

Hal tersebut dilakukan untuk menyiasati permukaan bulan yang dipenuhi oleh campuran debu halus, bermuatan listrik, abrasif dan tajam. Sedangkan proyek tersebut direncanakan dilaksanakan pada akhir 2029, mengemban misi melintas dan mengeksplorasi permukaan bulan sejauh 6.000 mil, dengan muatan hingga 4 orang astronot.

“Lunar Rover Tire merupakan bukti pencapaian Bridgestone dalam teknologi ban untuk mengembangkan solusi ban canggih. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dapat menghadirkan prototype Lunar Rover Tire di GIIAS 2022,” kata Head of Consumer & Commercial Business PT Bridgestone Tire Indonesia, Keisuke Nakakoji.

Selain itu, Bridgestone Indonesia juga menghadirkan sejumlah jajaran untuk berbagai tipe kendaraan mulai dari SUV, MPV hingga model premium seperti Potenza S007A dan Techno Sport. Sedangkan untuk kendaraan SUV Bridgestone menghadirkan beberapa pilihan produk seperti Dueler M/T 674, Dueler A/T 697, Dueler H/T 684, maupun untuk SUV premium yang diwakili oleh Alenza 001. Hadir pula produk andalannya yakni Bridgestone Turanza T005A yang didesain untuk memberikan kenyamanan berkendara melalui tingkat kebisingan yang rendah.

Sedang di jajaran ban eco friendly, Bridgestone menghadirkan Ecopia EP150. Ban yang menggabungkan beberapa teknologi terdepan Bridgestone ini untuk menciptakan ban dengan low rolling resistance coefficient (RRC), sehingga mampu memberikan manfaat penghematan bahan bakar yang lebih baik. Dengan begitu, Ecopia EP150 secara langsung telah mampu mengurangi gas buang C02 dan emisi gas rumah kaca.

“Sesuai misi Bridgestone ‘Serving Society with Superior Quality’, kami harap ajang GIIAS 2022 ini menjadi salah satu langkah kami untuk terus mendekatkan produk-produk premium kami dengan masyarakat dan pelanggan di Indonesia,” tutup Nakakoji.(ALVANDO NOYA / WH)