publiknesia.com – Huawei resmi memperkenalkan Nova 10 SE untuk melengkapi model Nova 10 “reguler” dan Nova 10 Pro yang dirilis beberapa waktu lalu. Huawei Nova 10 SE meluncur di Afrika Selatan pada Minggu (25/9/2022).

Desain Huawei Nova 10 SE hampir sama seperti Nova 10 “reguler”. Hanya saja, model SE tidak dilengkapi layar melengkung seperti dua saudaranya.

Desain modul kameranya juga dibuat berbeda, karena modul kamera Huawei Nova 10 SE seolah menampilkan kamera ganda, meskipun sebenarnya dibekali tiga kamera.

Huawei Nova 10 SE mengusung kamera dengan resolusi lebih tinggi dibanding model reguler maupun Pro. Sejumlah spesifikasi lain yang diusung smartphone ini juga cukup berbeda dengan model lainnya.

Spesifikasi Huawei Nova 10 SE

Huawei Nova 10 SE menampilkan layar OLED 6,67 inci, sama seperti ukuran layar Nova 10. Layar tersebut menawarkan resolusi Full HD+, rasio aspek 20:9 dan refresh rate 90 Hz.

Smartphone ini dibekali dengan tiga kamera belakang yang ditempatkan dalam sebuah modul. Terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Adapun kamera depannya dibekali resolusi 16 MP.

Belum diketahui chipset apa yang digunakan Huawei pada Nova 10 SE, sehingga belum dapat dipastikan pula apakah smartphone ini mendukung jaringan 5G atau mentok sampai 4G.

Meski demikian, Huawei menyebutkan bahwa Nova 10 SE didukung dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB.

Pada aspek daya, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh, lebih besar dibanding model reguler. Proses pengisian ulangnya juga didukung fitur fast charging 66 watt.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (26/9/2022), Huawei Nova 10 SE juga dibekali fitur SIM ganda, WiFi, Bluetooth, GPS, dan USB-C. Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka Magic UI.

Meski demikian, Nova 10 SE tidak dilengkapi dengan aplikasi maupun layanan Google lain seperti smartphone Android pada umumnya.

Dengan kata lain, pengguna Nova 10 SE tidak dapat menjalankan aplikasi Google Maps, YouTube, atau Google Play Store.

Dukungan itu absen karena Huawei masih terjerat sanksi dari pemerintah Amerika Serikat yang membuat perusahaan terlarang memakai teknologi asal negeri Paman Sam tersebut.

Informasi harga Nova 10 SE masih belum diumumkan Huawei meskipun perangkat ini sudah muncul di situs Huawei Afrika Selatan.