publiknesia.com – JAKARTA – Saat dipandang dari raut muka dan tubuh New Daihatsu Sirion 2022. Seolah tak bikin kita pangling. Memang betul, bagian eksterior disentuh ulang. Itupun serba-minimalis. Namun ada sejumlah ubahan penting yang tidak kasat mata. Seperti peningkatan performa mesin dan transmisi matik konvensional 4-speed ditukar pakai D-CVT. Di model facelift, jua diberi Idle Stop System, guna menekan konsumsi bahan bakar.

Berapa peningkatan tenaga mesin yang disandang Daihatsu Sirion terbaru?

Perubahan pada Daihatsu Sirion teranyar juga dilakukan pada bagian transmisi otomatis

Bicara soal performa, khususnya mekanikal pacu. New Daihatsu Sirion tetap membopong enjin 1NR-VE Dual VVT-i 1,3 liter DOHC empat silinder. Dan persis seperti Daihatsu Perodua Myvi, tenaga ditingkatkan. Dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Resultan daya hasil olah empat piston terbuncah 93 hp di 6.000 rpm. Lantas torsi puncak dicapai 120 Nm pada 4.200 rpm. Asal tahu, versi lawas cuma 88 hp (90 PS) dan 117 Nm.

Ubahan yang dapat dirasakan namun tidak kelihatan ialah transmisi matik. Dulu Sirion mengandalkan girboks 4-speed konvensional. Kini beralih menggunakan Dual-CVT seperti milik All New Xenia. Namun bedanya, tidak ada shiftronic atau mode perpindahan manual. Menurut Daihatsu, formulasi ini demi mendapat respons cekatan dan penyaluran mulus ke roda depan. Di Malaysia, mesin 1,3 liter diklaim memiliki efisiensi tingkat tinggi, cuma minum bensin 22,2 km/liter dengan mode ECE with Eco Idle.

Versi Indonesia pun mirip. Sirion diimbuhi perangkat Idle Stop System seperti di New Terios. Fungsinya mematikan mesin ketika dalam keadaan diam seperti di tengah kemacetan atau menunggu traffic light. Berkat fitur ini, mampu menambah keiritan hingga 10 persen. Hasil pengetesan konsumsi BBM dari pabrikan sebesar 20-21 km/liter. Maka ajang test drive di Manado, Sulawesi Utara, bakal jadi pembuktian. Nanti tersaji di artikel lain.

Kemudian ubahan ringan lain berupa sorot lampu utama sudah LED. Bahkan sudah diberi levelling adjuster dan fitur follow me home. Bumper depan maupun belakang sengaja ditata ulang, walau tidak begitu kentara. Sayangnya pola pelek, ukuran 15 inci dan bentuk side guard tak berubah. Mari tengok lebih lanjut ke kabin.

Pembaruan terjadi di bentuk lingkar kemudi, sama dari milik Rocky & Xenia. Tapi hanya bisa diatur dua arah saja (tilt steering), belum teleskopik. Lalu Sirion 2022 memiliki desain MID baru berlayar TFT 4,2 inci. Tak ketinggalan, tersisip air purifier, lumayan dapat membersihkan udara kabin dan membunuh bakteri atau virus. Head unit juga berubah, dengan format 2DIN plus sambungan ke smartphone via Android Auto serta Apple CarPlay. Perangkat keamanan maupun keselamatan sama. Kecuali imbuhan Hill Start Assist, supaya mobil tak menggelundung di tanjakan. (ANJAR LEKSANA/EK)