publiknesia.com

Tentu Anda sudah sangat familiar dengan lap kanebo dan kemoceng bukan? kedua alat pembersih tersebut memang kerap diandalkan untuk membersihkan bodi mobil dari debu dan kotoran. Bahkan tak jarang pula pemilik mobil yang selalu menyiapkan lap kanebo atau kemoceng di mobil untuk digunakan dalam perjalanan. Namun tahukah Anda, ada risiko yang mengintai ketika menggunakan lap kanebo dan kemoceng? Karena penggunaan kedua alat tersebut dalam jangka waktu lama justru akan membahayakan kondisi cat mobil Anda.

Lap kanebo memang menyerap air dengan baik, namun teksturenya membuat kotoran tak mudah lepas dan mudah menimbulkan baret

Alasan mengapa lap kanebo dan kemoceng membahayakan kondisi cat mobil Anda lantaran tekstur yang dimiliki kedua alat pembersih tersebut yang diinilai tak optimal dalam membersihkan debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil. “Tekstur lap kanebo dan kemoceng yang justru menyimpan kotoran pada permukaan lap dan bulunya, sehingga proses membersihkan tak akan optimal,” ujar Agnes dari Auto Salon Boutique di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Selain itu, konsekuensi yang mengintai lainnya adalah terjadinya baret pada bodi mobil Anda.

Pola bulu pada keoceng justru membuat kotoran mudah terperangkap dan lagi-lagi mudah menimbulkan baret

Penggunaan lap kanebo dan kemoceng memang mudah mengundang baret pada bodi mobil. Terlebih jika Anda membersihkannya dengan asal-asalan. ”Baret paling cepat muncul kalo kita mengelap dengan pola memutar atau bolak-balik/dua arah dengan menggunakan kanebo atau kemoceng,” wanti Agnes. Pola membersihkan atau mengelap dengan gerakan memutar atau bolak-balik memang membuat kotoran akan mudah membuat luka pada lapisan cat mobil Anda.

Lap microfiber yang berkualitas dan pola gerakan searah saat mengelap mobil membuat baret tak mudah timbul di cat

Lantas, bagaimana cara paling optimal untuk membersihkan bodi mobil dari debut dan kotoran? Pertama, gunakan lap microfiber yang berkualitas. Lap model microfiber memiliki teksture yang dapat menyeka kotoran dan debu lebih optimal dan cepat. ”Atau kalau mau mudah dan murah , cari lap atau washlap untuk bayi, karena teksturnya lembut dan tak mudah menimbulkan baret halus pada cat,” ujar Agnes. Cara kedua, lakukan pengelapan dengan gerakan searah, baik vertikal atau horizontal, sehingga tak mudah menimbulkan pola luka atau baret halus pada lapisan cat mobil Anda.