publiknesia.com

Ring piston merupakan bagian komponen yang ada pada ruang mesin kendaraan. Tugas dari komponen ini adalah menutup celah antara piston dengan blok silinder. Tujuannya agar tidak ada aliran oli yang masuk ke ruang bakar.

Ring piston juga bukan sebuah komponen yang mudah rusak, tetapi tentunya memiliki batas usia pakai. Ring piston rusak akibat dinding ring terkikis yang menyebabkan rongga antara piston dengan blok silinder semakin lebar. Jika sudah rusak, tentunya harus diganti dengan ring piston baru.

Nah berikut ini beberapa tanda ring piston rusak:

1. Asap Putih dari Knalpot

Asap putih kebiruan tanda ada oli masuk ke ruang pembakaran

Ciri pertama jika ring piston rusak adalah munculnya sap putih dari knalpot ketika mesin mobil dihidupkan. Asap putih ini menandakan ada oli yang terbakar di dalam ruang bakar. Bisa jadi hal itu akibat ring piston yang sudah tidak bisa lagi mencegah oli masuk ke ruang bakar.

2. Oli Mesin Cepat Habis

Jika oli selalu berkurang maka ada kebocoran

Masih berkaitan dengan tanda ring piston rusak yang pertama. Jika asap putih keluar diiringi dengan oli mesin yang cepat habis, Anda bisa mencurigai gejala ring piston rusak. Coba perhatikan setiap pagi sebelum mesin mobil dihidupkan, apakah kuantitas oli pada dipstick selalu berkurang. Jika ya, masalah di ring piston penyebabnya.

3. Mesin Lebih Kasar

Kalau suara mesin terdengar lebih kasar maka patut dicurigai

Ciri ketiga bisa Anda ketahui dengan mendengarkan suara mesin. Ketika suara mesin mobil lebih kasar dari biasanya, kemungkinan itu tanda ring piston rusak.