publiknesia.com

Sebelum ada peraturan tentang DP 0%, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan uang muka kredit sekitar 5-25%. Tapi saat ini, pabrikan mobil mulai melirik promo kredit mobil tanpa DP untuk melancarkan penjualan. Meskipun di awal Anda tidak perlu menyiapkan uang banyak untuk membeli mobil, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

1. Pastikan mobil sesuai dengan kebutuhan

Membeli mobil tak semudah membalik telapak tangan. Untuk itu, pastikan Anda sudah menentukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika memungkinkan, perhatian dana yang Anda miliki dengan dengan pilihan mobil Anda. Tapi yang paling penting, kebutuhan akan mobil menjadi bagian penting ketika memilih mobil.

Pilih dulu kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

SUV sangat cocok bagi Anda yang sering melalui kondisi jalan yang rata dan memiliki kebutuhan bagasi yang cukup luas. Namun jika Anda memiliki keluarga besar atau menginginkan ruang penyimpanan yang banyak, MPV bisa menjadi pilihan. City car atau hatchback sangat cocok dipakai bagi Anda menghadapi mobilitas perkotaan.

2. Cari penyedia kredit terpecaya

Setelah mendapatkan mobil yang Anda inginkan, lalu beralih pada perusahaan atau lembaga penyedia kredit. Bagi Anda yang memanfaatkan promo dari APM (Agen Pemegang Merek) atau diler memang tak perlu meneliti lebih jauh. Namun berbeda jika Anda ingin membeli mobil melalui perusahan pembiayaan atau leasing.

Cari penyedia layanan kredit yang sudah terpecaya

Cari dan pilih perusahaan pembiayaan atau leasing dengan reputasi yang baik. Untuk lebih amannya, Anda bisa mencari leasing yang termasuk dalam kriteria yang ditentukan oleh OJK. Data OJK mengungkapkan 46% dari 188 perusahaan pembiayaan bisa memberikan DP 0% untuk kredit kendaraan bermotor karena memiliki NPF net di bawah 1%.

3. Lengkapi persyaratan

Untuk mengajukan kredit mobil tanpa DP, ada beberapa persyaratan yang akan mempengaruhi proses verifikasi. Semakin banyak data yang kurang atau tidak lengkap, kemungkinan permohonan Anda diterima akan semakin mengecil. Beberapa persyaratan yang diperlukan seperti fotokopi KTP pemohon dan pasangan, fotokopi Kartu Keluarga, hingga fotokopi pembayaran PBB atau rekening listrik.

Lengkapi persyaratan untuk mempermudah proses verifikasi

Persyaratan paling penting yang menjadi pertimbangan besar apakah permohonan Anda diterima atau tidak adalah slip gaji. Selain slip gaji, fotokopi tabungan atau rekening koran (biasanya selama 3 bulan terakhir) pun menjadi bahan pertimbangan kemampuan Anda dalam membayar cicilan.

4. Resiko kredit mobil tanpa DP

Tentu saja, membeli mobil tanpa uang muka tak serta merta menjadikan masalah berkurang. Namun tanpa adanya uang muka, maka cicilan per bulan pun semakin besar. Pasalnya, perhitungan cicilan dibuat berdasarkan tangguhan yang tersisa setelah Anda membayar uang muka. Jadi tanpa membayar uang muka, angsuran per bulan akan meningkat.

Perhatikan beban keuangan setiap bulannya untuk menghindari masalah di kemudian hari

Tidak hanya memperhatikan beban keuangan tiap bulan, tapi ingat untuk selalu mempersiapkan duang tak terduga ketika terjadi hal-hal di luar kendali. Karena itu, pengaturan dana dan cash flow keuangan menjadi bagian penting ketika Anda akan mengajukan kredit mobil tanpa DP. Tapi jika Anda bisa mengatur hal tersebut, membeli mobil dengan kredit tak terlalu memberatkan.