publiknesia.com – Bagi mereka yang gemar berpetualang memang tidak akan bosan untuk selalu menjelajah tempat baru. Jika memiliki waktu senggang pasti ingin berkegiatan ke tempat tempat keren. Mungkin Jurang Tembelan Kanigoro yang berada di kawasan wisata Mangunan bisa dijadikan sebagai alternatif. Pemandangan alam yang menakjubakan bisa anda dapatkan di sini.

Objek wisata di Bantul ini termasuk wisata hits yang berhasil menarik wisatawan dari berbagai daerah. Terutama di kalangan kawula muda lantaran sangat cocok sebagai destinasi untuk berburu foto kekinian. Keberadaannya memang masih baru dan juga dikembangkan oleh pengelola, tetapi anda tidak akan menyesal singgah di wisata Bantul ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Jurang Tembelan Kanigoro

1. Panorama Mengagumkan

Setelah mengembangkan beberapa tujuan wisata seperti Hutan mangunan, Puncak Becici sampai dengan Puncak Mangunan, pemerintah Bantul semakin gencar mengembangkan objek wisatanya. Dan Jurang Tembelan yang berada di kawasan Bantul ini akhirnya juga dikembangkan. Menawarkan panorama keindahan alam yang berupa perbukitan juga sungai menawan.

Nuansa pegunungannya yang khas memberikan suasana yang asri juga sejuk. Sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati pemandangan hijau dengan suasana yang tenang. Apalagi untuk anda yang sudah lama merindukan ketenangan dari padatnya aktivitas. Tidak heran jika Jurang Tembelan menjadi jujugan, mengingat wisata ini juga masih terbilang sepi.

2. Menghadirkan Gardu Pandang

Tidak hanya memiliki pemandangan yang ciamik, kehadiran gardu pandang juga menjadi alasan wisata alam Bantul ini mulai dikenal. Dari gardu pandang ini, anda bisa menikmati keindahannya jauh lebih leluasa. Dan menariknya gardu pandang yang ada hadir dalam berbagai bentuk yang juga cocok untuk berburu foto yang kekinian.

3. Pemandangan Sunrise dan Sunset yang Indah

Daya tarik berikutnya yang berhasil membuat banyak orang penasaran yakni panorama sunset juga sunrisenya yang indah. Matahari terbit juga tenggelam dengan cahaya jingga yang cantik bisa anda saksikan di sini. Terutama ketika musim kemarau, anda tidak perlu khawatir akan tertutup awan. Jika pagi bahkan terhampar kabut tipis yang menambah keeksotisannya.

4. Banyak Spot Foto Kekinian

Kehadiran media sosial membuat kegiatan liburan tanpa berfoto foto tidak akan lengkap. Inilah yang juga menjadi alasan mengapa tempat dengan banyak spot foto selalu diburu. Di Jurang Tembelan Kanigoro ini, anda bisa menemukan banyak spot foto yang instagramable. Dengan latar pemandangan indah yang akan membuat hasil foto semakin menawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Akses menuju lokasi bisa dikatakan sudah memadai dan juga mudah dijangkau. Bagi anda yang penasaran dengan keindahannya, anda bisa langsung menuju ke Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta. Memulai perjalanan dari Jogja, anda membutuhkan waktu sekitar 50 menit dengan jarak tempuh kisaran 22 km.

Untuk lebih bebas dan leluasa, ada baiknya jika berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena anda bisa bebas ingin datang sangat pagi atau melanjutkan perjalanan ke tujuan lainnya. Berbeda dengan kendaraan umum, di waktu tertentu mungkin akan sulit ditemukan selain itu biasanya juga akan dibantu dengan ojek atau sewa kendaraan.

Dari kota Jogja, anda bisa mengarahkan kendaraan menuju arah Terminal Giwangan dan ambil arah lurus. Jika sudah di Pasar Imogiri, anda bisa mengambil arah belok kiri. Perjalanan menuju Jurang Tembelan Kanigoro dilanjutkan dengan melajukan kendaraan lurus. Sampai akhirnya akan menemukan pertigaan, ambil arah menuju ke arah Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Lokasinya memang tidak jauh dengan Kebun Buah Mangunan, tepatnya berada di sebelah timur persisi di bawah area masuk Gardu Pandang Mangunan. Nantinya akan ada petunjuk yang memudahkan anda menemukan Bukit Panguk. Ikuti saja arah tersebut sampai akhirnya sampai di Jurang Tembelan.

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan

Untuk menikmati keindahannya, anda tidak perlu merogoh dalam kantong anda. Karena harga tiket masuk Jurang Tembelan Kanigoro hanya sekitar Rp 2.500 saja. Harga tersebut tentu sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahannya. Harga tiket masuk belum termasuk dengan retribusi parkir kendaraan, anda perlu menyiapkan mulai dari Rp 3 ribu untuk motor.

Sementara jika membawa mobil, harga parkirnya mulai dari Rp 5 ribu. Dengan membayar tiket tersebut, anda sudah bisa menikmati semua yang ada di sini. Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari Senin sampai Minggu dan akan buka selama 24 jam. Anda bisa datang ketika pagi atau sore hari jika ingin menikmati sunrise atau sunsetnya.

Waktu yang paling pas untuk berkunjung yakni ketika musim kemarau. Pada saat itu mungkin area perbukitan tidak terlalu hijau, tetapi pemandangannya tidak akan tertutup kabut. Berbeda ketika musim penghujan, sangat sulit bagi anda untuk menikmati keindahan matahari terbit atau terbenamnya. Anda juga bisa datang di hari biasa jika ingin lebih leluasa karena lebih sepi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Jurang Tembelan

1. Bersantai

Menikmati keindahan di depan mata menjadi aktivitas yang pasti dilakukan oleh wisatawan. Mengingat Jurang Tembelan Kanigoro memiliki panorama yang membuat siapapun jatuh cinta. Bagaimana bukit hijau berpadu dengan sungai yang berkelok kelok cantik. Udaranya yang sejuk dan suasana pegunungan yang khas semakin membuat tidak ingin pulang.

2. Menjajal Track Downhill

Tidak hanya memiliki panorama indah, anda juga akan disuguhkan trek downhill yang menantang. Aktivitas satu ini cocok untuk anda yang gemar berpetualang ataupun mencoba kegiatan ekstrim. Atau bisa juga berjalan jalan dengan melewati tanjakan atau perbukitan yang ada. Aktivitas seru ini akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama dengan teman teman.

3. Berburu Sunset dan Sunrise

Aktivitas seru yang juga menjadi alasan pengunjung untuk datang ke sini yakni berburu sunset dan sunrisenya. Fenomena alam ini memang selalu berhasil meninggalkan kesan yang berbeda. Jika anda ingin menikmati sunsetnya, maka anda harus datang lebih pagi. Udaranya yang cenderung dingin dengan hamparan kabut tipis yang memberi kesan tersendiri.

Seakan akan anda sedang berada di negeri di atas awan. Pesona ini semakin magis ketika cahaya kekuningan perlahan lahan tampak. Jika anda tidak ingin berangkat pagi, maka anda bisa singgah di Jurang Tembelan Kanigoro saat sore hari. Pada saat ini anda bisa berkesempatan untuk menikmati indahnya matahari berpulang yang tidak kalah indah.

4. Camping

Tersedia fasilitas camping ground yang bisa anda manfaatkan untuk membangun tenda. Bermalam di area terbuka tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Apalagi jika anda datang bersama dengan teman teman atau rombongan. Anda bisa menikmati sunset atau sunrise, lengkap dengan langit bertabur bintang sembari menyalakan api unggun yang syahdu.

5. Berburu Foto Kekinian

Jurang Tembelan menjadi tujuan bagi anda yang gemar berburu foto foto cantik. Anda akan dimanjakan dengan spot spot foto yang disuguhkan. Spot yang paling menjadi favorit yakni gardu pandang yang berbentuk perahu. Anda bisa mengambil foto di ujung perahu dengan pesona perbukitan yang indah. Tersedia juga spt pesawat terbang yang berada di bagian bawah.

Untuk bisa berfoto di pesawat ini, anda harus menaiki tangga kecil lebih dahulu. Berburu foto di kawasan Jurang Tembelan Kanigoro juga masih bisa dilanjutkan dengan foto di ayunan. Anda akan dibuat deg degan merasakan ayunan di ketinggian ini. Masih ada banyak spot lain yang bisa dieksplor, maka dari itu pastikan anda membawa kamera anda.

6. Singgah di Tempat Wisata Sekitar

Untuk membuat liburan anda semakin berkesan, tidak ada salahnya bagi anda untuk singgah di wahana wisata Bantul lainnya. Mengingat lokasinya juga berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan ataupun Hutan Pinus Mangunan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Sekalipun termasuk destinasi wisata baru, anda sudah bisa menemukan berbagai fasilitas pendukung saat liburan di Jurang Tembelan ini. Fasilitas tersebut terdiri dari area parkir yang luas untuk menampung semua kendaraan, dilengkapi dengan penjaga parkir. Selain itu anda juga bisa menemukan mushola sederhana untuk beribadah.

Anda juga tidak perlu khawatir jika butuh ke kamar mandi, karena tersedia fasilitas toilet. Beberapa gazebo juga dihadirkan untuk pengunjung bersantai atau beristirahat. Bagi anda yang ingin ngemil atau menikmati minuman, sudah tersedia warung warung makan yang menyediakan berbagai makanan juga minuman.

Jangan lupakan fasilitas spot fotonya yang juga begitu melimpah. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama, anda juga bisa mencari penginapan terdekat. Ada beberapa penginapan yang lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata ini. Selain itu juga tersedia area camping ground untuk anda yang ingin bermalam dengan camping.

Menghabiskan waktu di Jurang Tembelan Kanigoro akan menjadi liburan yang tidak bisa dilupakan begitu saja. apalagi jika anda datang bersama dengan orang orang tersayang. Di sini, anda bisa mendapatkan pemandangan indah lengkap dengan berbagai spot foto yang kekinian. Kemudian akan ditutup dengan indahnya sunset atau sunrise yang luar biasa cantik.