publiknesia.com – Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Indonesia Wellness Institute (IWI) serta Smesco Indonesia akan menggelar “Future ; Wellness Tradition” dalam rangkaian kegiatan “Future SMEs Village” di Bali Collection, ITDC, Nusa Dua, Bali, 14 November 2022.

Kegiatan yang mengambil tema Local Wisdom for Global Sustainability ini diharapkan mampu mendorong positioning industri wellness Indonesia dalam peta wellness dunia, dengan mengangkat kekuatan tradisi yang otentik, beragam. dan masih hidup dalam keseharian masyarakat sebagai sebuah budaya hidup yang menjadikannya sangat istimewa.

“Wellness ini salah satu potensi kuat keunggulan domestik Indonesia, bukan hanya karena komoditas bahan baku yang melimpah, namun juga narasi tradisi budaya yang sangat kuat. Ini harus kita dukung bersama.” kata Menkopdan UKM Teten Masduki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Teten menyampaikan pihaknya mendukung penuh inisiasi IWI dan sangat yakin akan potensi industri wellness di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Umum IWI Paulus Mintarga menyebutkan bahwa kegiatan ini tidak hanya akan menjadi ajang showcase dan display produk serta pengalaman wellness Indonesia, namun juga menjadi ajang silaturahmi dan berjejaring antara ratusan stakeholder industri wellness Indonesia.

“Kami juga akan menghadirkan pembicara baik dalam negeri maupun dari pelaku wellness global pada sesi Intimate Networking Session, berbagi seputar tren serta kabar dari indusri wellness dunia.”, ujarnya.

Dalam acara ini, akan dihadirkan tradisi wellness Jawa (Javanese Wellness Tradition) dan tradisi wellness Bali (Balinese Wellness Tradition) dengan berbagai produk maupun pengalaman menarik, melalui sebuah terapi yang dalam tradisi dan kepercayaan masyarakat Bali disebut pratiti, dan yoga berbasis tari jawa yang disebut dengan Bheksan, serta berbagai literasi lainnya.

Seluruh rangkaian acara akan ditutup dengan Deklarasi Bali yang berisi visi pengembangan wellness Indonesia dan dunia yang direpresentasikan dalam 10 Bali principle atau Sepuluh Prinsip Bali.