publiknesia.com – Tips Mobil | Mobil Bekas

Sebagai saluran gas buang, pabrikan mobil dalam pemasangan knalpot biasanya telah memperhitungkan faktor keamanan, kenyamanan (suara), dan estetika. Namun, bagi Anda pecinta modifikasi mobil, belum lengkap memang jika tidak mengganti knalpot bawaan pabrikan mobil menjadi knalpot racing hasil modifikasi.

Alasan utama penggantian knalpot standar menjadi racing adalah agar modis sekaligus mendongkrak kecepatan mobil. Sebaiknya, Anda memastikan header yang digunakan sudah klop dengan resonator dan muffler untuk menghasilkan tenaga yang besar. Jika Anda ragu, mengganti keseluruhan dalam satu set bisa juga menjadi pilihan. Penggantian yang tidak tepat justru akan membuat tenaganya mengempos.

Pemasangan knalpot racing juga harus disesuaikan dengan transmisi mobil, gaya mengemudi dan putaran mesin (RPM). Untuk transmisi manual, Anda harus perhatikan semua bagian knalpotnya, mulai dari header, downpipe, resonator, dan muffler. Beda halnya dengan transmisi matic, yang cukup mengganti header-nya saja.

Untuk kenyamanan bersama di jalan, ada baiknya jika Anda memasang knalpot racing yang sudah memiliki konverter katalisis, atau sering disebut juga sebagai sarang tawon. Alat ini memberikan efek tekanan balik pada ruang bakar untuk menyaring gas buang agar lebih ramah lingkungan.

Anda harus jeli dalam setiap aktivitas modifikasi, termasuk pemasangan knalpot racing, karena akan memengaruhi performa mesin. Untuk mendapatkan knalpot racing berkualitas dan sesuai dengan mobil Anda, lakukan konsultasi secara intens dengan bengkel atau mekanik kepercayaan Anda.

Secara prinsip dasar, knalpot racing harus memenuhi standar Intake, Header, dan Exhaust. Serta merk knalpot racing yang memenuhi standar dan paling banyak dicari diantaranya adalah Mugen (Honda), HKS (Jepang), Fujitsoba (Jepang), Spoon (Jepang), J’s Racing (Jepang), Greddy / Trust (Jepang), Kakimoto (Jepang), Jitsugen (Lokal), dan Kansai (Lokal).

Dalam memilih knalpot racing tentunya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun sebagai bahan pertimbangan, selain harga dan kualitas, menggunakan knalpot racing tidak bisa sembarangan dan harus memenuhi standar untuk mendukung keamanan Anda.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock