publiknesia.com – Google tampaknya masih terus berkesperimen untuk menghasilkan pundi-pundi dari Youtube. Belakangan, pengguna YouTube ramai membicarakan siasat anyar YouTube untuk “memaksa” pengguna berlangganan YouTube Premium.

Beberapa pengguna YouTube mengatakan, saat hendak memilih opsi video dengan kualitas tinggi 4K (2.160 piksel), terdapat keterangan “Premium”, yang mengindikasikan bahwa opsi ini hanya bisa dinikmati oleh pelanggan YouTube berbayar, yakni YouTube Premium.

Pengguna yang mendapati opsi itu lantas melakukan screenshot dari aplikasi Youtube versi iOS, lalu membagikannya ke forum online Reddit.

Berdasarkan gambar yang diunggah akun dengan username “u/Ihatesmokealarms” di Reddit, selain keterangan “Premium”, ada pula keterangan “Tap to upgrade (tekan untuk meningkatkan)” yang mengajak pengguna untuk upgrade ke Youtube Premium atau Youtube versi berbayar.

Beberapa pengguna lainnya juga mengomentari unggahan “u/Ihatesmokealarms” dan menyebutkan dirinya menerima opsi serupa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Neowin, Rabu (5/10/2022).

Meski demikian, opsi tersebut tampaknya masih diuji coba oleh perusahaan. Sebab, belum semua pengguna mendapatkan opsi yang sama.

Pantauan KompasTekno, opsi itu juga belum tersedia pada Youtube versi Android, iOS maupun desktop di Indonesia. Saat dicoba mengakses video berkualitas 4K, opsi 4K masih tersedia tanpa keterangan “Premium” dan dapat diterapkan secara gratis tanpa kendala.

Google sendiri belum mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menjadikan opsi kualitas 4K sebagai opsi berbayar. Jadi belum diketahui apakah temuan ini benar-benar akan diterapkan perusahaan atau hanya uji coba sementara.

Uji coba 10 iklan tanpa skip

Selain opsi kualitas 4K berbayar, Youtube belakangan juga menguji iklan dalam jumlah banyak, sebelum pengguna bisa melihat video yang hendak diputar.

Pengguna bahkan melihat 5 sampai 10 iklan yang disematkan Youtube dan tidak dapat dilewati (skip) sama sekali. Praktik ini lantas menuai kritik dari sejumlah pengguna.

Menurut salah seorang pengguna di Reddit, iklan itu memang berdurasi pendek, masing-masing sekitar 5-6 detik. Namun bila dikalkulasikan, total durasi iklan tersebut adalah 50-60 detik alias satu menit.

Jumlah total iklan dan durasi ini meningkat dibanding sebelumnya. Biasanya, iklan di Youtube muncul sebelum video yang diinginkan pengguna diputar atau di tengah-tengah video.

Umumnya, iklan itu hanya tayang selama beberapa detik dan biasanya hanya ada dua iklan yang ditampilkan. Ada pula iklan dengan durasi beberapa menit, akan tetapi biasanya disertai dengan opsi skip setelah tayang beberapa detik.

Jeda 10 iklan tanpa opsi skip tidak ditemukan oleh semua pengguna Youtube. YouTube hanya mempersilakan pengguna untuk memberikan masukan kepada perusahaan terkait iklan tersebut.

Adapun di Twitter, Pihak YouTube melalui akun Twitter resmi @TeamYoutube menanggapi keluhan tersebut. YouTube mengatakan bahwa format iklan semacam itu hanya muncul untuk format iklan tertentu atau yang disebut sebagai iklan bumper.

“Ini kemungkinan terjadi pada jenis format iklan tertentu yang disebut iklan bumper karena durasinya hanya sampai 6 detik. Bila berkenan, Anda dapat mengirimkan saran langsung dari (aplikasi) YouTube melalui alat ‘kirim tanggapan’,” tulis akun @TeamYouTube.