publiknesia.com – Acara otomotif merupakan ajang pamer kendaraan baru dan teknologi terkini dari para pelaku industri otomotif mancanegara. Selain merupakan ajang show case, ajang ini sekaligus menjadi marketplace bagi beberapa produsen mobil untuk menjual beberapa mobil terbaru atau mobil yang sudah ada. Minat akan acara ini sangat tinggi, karena itu ajang ini diadakan lebih dari 10 kali di dunia untuk memenuhi keinginan dari para pecinta otomotif. Nah acara pameran otomotif mana saja yang bisa Anda datangi? Ini dia daftarnya

International Motor Show Germany atau Frankfurt Motor Show

Ajang pameran mobil di Jerman ini bisa dikatakan adalah yang paling besar. Acara pameran yang diselenggarakan tiap tahun ini awalnya bernama Internationale Automobil-Ausstellung lalu mengalami perubahan nama setelah beberapa tahun berjalan. Seiring berjalannnya waktu, pameran otomotif terbesar ini memutuskan untuk membagi acara menjadi dua bagian yakni khusus untuk kendaraan komersial dilaksanakan di Hanover pada tahun-tahun genap, dan pada tahun ganjil khusus untuk kendaraan penumpang untuk mengantisipasi minat yang sangat banyak.

Woodward Dream Cruise

Ajang pameran mobil ini merupakan surga bagi para pecinta mobil klasik. Tercatat kurang lebih lebih dari 30.000 muscle car, hot rod, dan classic car ditampilkan dalam pameran yang bermula pada tahun 1848 ini dan tercatat menjadi sebuah ajang pameran mobil terbesar yang diadakan dalam satu hari. Woodward Dream Cruise diadakan setiap tahunnya pada hari sabtu ketiga di bulan Agustus yang mengambil tempat di Metropolitan Detroit sepanjang jalan Woodward Avenue. Total pengunjung yang datang pada ajang ini setiap tahunnya semakin bertambah saja seiring bertambahnya minat orang yang semakin meningkat.

Auto Shanghai

Nampaknya penduduk China memiliki hobi baru yakni di bidang otomotif. Karena tingginya minat pada permintaan produk otomotif, para pelaku industri otomotif dunia pun mulai melirik negeri bambu ini sebagai pasar potensial dan mengadakan pameran otomotif tahunan. Acara pameran mobil yang diberi nama Auto Shanghai ini pada awalnya diselenggarakan pada tahun 1980-an dan menjadi ajang yang tepat untuk memperkenalkan beragam inovasi teknologi otomotif dunia yang perlahan mulai dibuat dan dikembangkan oleh China untuk mengejar ketertinggalan.

International Geneva Motor Show

Selain menjadi destinasi wisata, pameran mobil yang diselenggarakan di Geneva menjadi salah satu alasan mengapa orang di dunia berdatangan. Karena setiap tahunnya pada bulan Maret di salah satu kota Switzerland ini mengadakan acara International Geneva Motor Show Geneva yang terbilang salah satu pameran otomotif terbesar di dunia. Tak ada salahnya bila Anda sudah merencakanan liburan ke Switzerland pada bulan Maret berkunjung ke acara pameran otomotif ini untuk melihat beragam mobil terbaru dari pabrikan otomotif dunia.

Paris Motor Show

Menara Eiffel bukan satu-satunya daya tarik para turis dunia berkunjung ke negara ini. Acara Paris Motor Show yang diadakan secara berkala menjadi salah satu daftar tujuan yang layak dikunjungi bila Anda sedang berada di Prancis. Ajang pameran otomotif di Prancis yang pertama kali diadakan pada tahun 1898 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Tokyo Motor Show

Sebagai salah satu negara produsen produk otomotif terbesar di dunia, Jepang tidak luput mengadakan ajang pameran otomotif kelas dunia untuk menunjukkan keunggulan mereka. Dalam acara yang diberi nama Tokyo Motor Show ini Jepang ingin menguasai pasar domestik dan merayu para pelaku bisnis otomotif dan konsumen untuk melirik mobil produksi mereka. Ajang ini selain membantu untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Tokyo Motor Show juga merupakan ajang yang tepat untuk memamerkan beragam mobil konsep.

Indonesian International Motor Show dan Gaikindo Indonesia International Auto Show

Tak mau kalah dengan negara lain, Indonesia pun turut mengadakan ajang pameran otomotif dengan skala dunia yang diadakan satu tahun sekali. Di Indonesia para penikmat dunia otomotif sangat dimanjakkan karena terdapat dua ajang otomotif dalam skala besar yang bisa didatangi yakni Indonesian International Motor Show dan Gaikindo Indonesia International Auto Show yang sama-sama menawarkan pengalaman menarik di masing-masing ajang pameran.

Nah, itu tadi adalah daftar-daftar pameran otomotif dunia yang bisa Anda datangi. Sudah ada rencana untuk datang ke pameran mana?