publiknesia.com – Pantai Congot merupakan salah satu destinasi kebanggaan Kulon Progo, Yogyakarta yang kerap dikunjungi oleh traveller. Keunikan Pantai ini dapat dilihat dari hutan mangrove dan jembatan api-api yang telah tersedia. Berfoto di antara spot tersebut akan menghasilkan momen yang bagus.

Pengunjung bisa bermain air atau pasir mulai datang hingga pulang. Bahkan kegiatan berjelajah hutan juga sering dilakukan selama kesana. Menghabiskan sisa akhir pekan pada kawasan Pantai Congot tidak akan membosankan.

Pemandangan menakjubkan yang berasal dari Pantai bisa diamati mulai dari air yang jernih sekaligus pasir. Selain itu, ada pula aliran sungai Bogowonto yang begitu bersih. Menikmati kunjungan sambil melihat semua panorama tentu membuat hati gembira.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Congot

1. Hutan Mangrove

Pantai Congot mempunyai kawasan hutan mangrove yang tidak jauh dari pesisir. Tanaman mangrove atau bakau diketahui sangat bagus untuk mencegah abrasi yang disebabkan oleh air laut. Selain itu, tumbuhan tersebut mampu memberikan suasana sejuk yang ditandai dengan udara berhembus. Jika ingin masuk ke dalam hutan Anda perlu membeli tiket.

Berjelajah sambil berpetualang di dalam hutan mangrove harus dicoba semua pengunjung. Anda akan melihat tumbuhan bakau yang sangat banyak dan panorama di dalam hutan. Para tamu tidak perlu takut karena hutan ini sudah dijaga oleh petugas. Bahkan Anda tidak akan tersesat selama masuk ke dalam hutan mangrove di kawasan pantai.

2. Tempat Berfoto

Berkunjung ke kawasan Pantai yang bernama Congot terasa lebih menyenangkan jika sambil berburu spot foto. Sudah tersedia beberapa tempat khusus yang sering kali menjadi incaran untuk berfoto. Jembatan api-api menjadi spot yang paling unik di dalam wisata. Siapapun dapat melipir kesana atau sekedar memotret keindahan.

Pasir Pantai juga salah satu pilihan tempat berfoto yang menarik perhatian. Ketika disana Anda dapat berpose sesuai keinginan sambil duduk di pasir yang lembut. Tak hanya itu saja, beberapa orang yang bermain air pun kerap menggunakan background langit biru dan air laut. Jadi pilih spot favorit Anda untuk mendapatkan momen bagus.

3. Kecantikan Destinasi

Pantai Congot memberikan sejumlah panorama yang indah dan tidak terhitung jumlahnya. Menginjakkan kaki pada kawasan Pantai itu membuat hati terasa lebih tenang. Kursi Pantai pun sengaja tersedia untuk tamu yang ingin menikmati aliran deburan ombak. Bahkan Anda dapat melihat pasir di sepanjang pesisir wisata yang menjadi pemandangan cantik.

Wisatawan yang liburan juga tidak jarang yang melihat sunrise dan sunset. Fenomena yang cantik tersebut mampu memanjakan mata setiap orang. Apalagi jika dilihat dari Pantai tampak jelas warna langit yang perlahan berubah. Beragam kecantikan itulah yang menjadi daya tarik dari pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Congot terletak di Dusun Pasir Mendit, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ingin melihat Pantai dengan aliran sungai Bogowonto pengunjung bisa memilih berkendara lewat jalan tercepat. Setiap hari rute ke arah pantai tidak pernah sepi karena ada saja orang yang liburan. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 40 kilo meter.

Meskipun lokasi destinasi berada di tengah Desa, tidak menyurutkan niat para tamu untuk datang ke kawasan pantai. Anda dapat mulai berkendara dari Jalan Wates dengan waktu sekitar 1 jam. Lanjutkan menuju Jalan Nasional III dan tetap lurus sampai Jalan Pantai Glagah. Lalu masuk ke Desa Pasir Mendit dan temukan jembatan yang menunjukkan lokasi Pantai Congot.

Jalur yang telah tersedia sudah dibangun dengan memakai aspal yang mulus. Perjalanan akan semakin lancar jika Anda membawa mobil atau sepeda pribadi. Tetapi jangan khawatir karena sebelum masuk ke area wisata ada tukang ojek yang dapat disewa jika tidak menyiapkan kendaraan pribadi. Hal yang terpenting selalu perhatikan papan petunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Pantai Congot

Pantai cantik ini memberi kemudahan bagi wisatawan dengan menjual tiket masuk yang murah. Sebelum menuju ke kawasan Pantai, traveller harus membeli tiket Rp 3.000 per orang setiap hari biasa maupun akhir pekan. Biasanya turis yang datang pun dibandrol dengan harga yang sama. Namun tiket ini hanya berlaku selama bermain di area Pantai saja.

Khusus pelancong yang ingin pergi melipir ke hutan mangrove di sekitar Pantai Congot maka perlu membayar Rp 3.000. Lalu disana ada pula jembatan api api yang mematok harga Rp 4.000 setiap berkunjung. Perahu yang disewakan untuk keliling juga memiliki tarif murah Rp 5.000. Selain itu makanan yang ada di kios bisa dinikmati semua tamu dan harga mulai Rp 5.000.

Jika pelancong sudah membawa kendaraan, bisa titip ke lahan di dekat pintu masuk destinasi. Biaya sepeda motor yang diparkir Rp 3.000 dengan tempat luas. Sedangkan mobil yang ditaruh pada lahan tersebut akan dipatok Rp 5.000. Semua budget yang dibutuhkan masih tergolong ramah di kantong seperti destinasi Pantai lain pada umumnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Congot

1. Menjepret Foto

Pantai Congot memberikan background instagenic untuk pelancong yang suka berfoto. Biasanya banyak orang yang lebih memilih latar pasir hingga air laut. Menjepret foto dari arah panorama itu memang menarik karena suasana alam terlihat jelas. Apalagi saat cuaca sedang cerah menjadi waktu terbaik untuk hunting foto, jadi siapkan kamera dari rumah.

2. Camping

Kalangan muda sering kali membawa tenda ke area pantai saat hari sabtu atau minggu. Kegiatan kemah sudah tidak asing dilakukan di dalam Pantai hits ini. Apalagi pengelola telah menyiapkan camping area khusus bagi tamu yang menginap. Tetapi wisata masih belum terlalu lengkap menyediakan segala keperluan kemah, jadi siapkan bekal yang cukup.

3. Memancing

Kejernihan laut yang memiliki beragam ikan serta biota lain membuat penduduk sekitar banyak yang menjadi nelayan. Pada jam tertentu perahu nelayan berlabuh di pesisir dengan membawa ikan. Pengunjung juga dapat memancing biota laut sendiri di sudut Pantai Congot. Bawa alat pancing serta masak ikan yang telah diperoleh dari lautan lepas tersebut.

4. Mencoba Kuliner

Makanan khas banyak yang berasal dari biota laut yang telah ditangkap nelayan. Penjual kuliner menyediakan seafood yang diolah dengan digoreng maupun dibakar. Selain itu ada pilihan makanan lain seperti mie instant yang sering dibeli para tamu. Anda yang mengisi perut di kedai tersebut akan betah sambil melihat pemandangan ombak Pantai.

5. Sewa Perahu

Pantai Congot menyediakan sewa perahu untuk wisatawan yang tertarik berkeliling laut. Terdapat pelampung yang akan dipasangkan ke traveller selama naik perahu. Bahkan petugas siap menemani kegiatan Anda untuk memastikan keselamatan dan keamanan. Rekam video saat naik perahu dan lihat air laut yang memancarkan kecantikan tersendiri.

6. Melihat Panorama Sunset

Matahari yang perlahan tenggelam saat sore menjelang malam menjadi panorama indah dari pantai ini. Pelancong bisa saja melihat sunset sambil duduk pada kursi yang berjejer. Panorama yang cantik itu tampak semakin mempesona jika dinikmati langsung dari Pantai. Rasakan udara yang berhembus sekaligus ambil foto sunset dengan memakai kamera.

7. Bermain Air

Para tamu yang hobi berenang harus merasakan bermain ketika ke Pantai. Meskipun ombak tidak begitu besar, namun Anda harus lebih hati-hati. Sebelum berenang jangan lupa siapkan segala peralatan dari baju atau pelampung jika perlu. Selama berenang wisatawan bisa melihat pasir di dalam air hingga biota seperti ikan, kerang, dan rumput laut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pantai Congot memberikan fasilitas yang terlihat lengkap dan mampu menjaga kenyamanan wisatawan. Warung makan di setiap sudut mempunyai kursi serta menu yang cocok untuk memanjakan diri saat lapar. Mushola tidak jauh dari kios itu, para tamu dapat memakai tempat ini saat jam ibadah. Loket di depan pintu masuk cukup dekat spot parkir kendaraan.

Disana tampak penyewaan perahu jika traveller ingin mengarungi lautan. Toilet yang cukup luas dan memadai sudah dapat digunakan sebagai tempat ganti sekaligus membersihkan diri selesai berenang. Pengunjung yang menggunakan toilet tidak perlu membayar tiket lagi. Wahana permainan air sudah berjejer di pesisir meskipun masih belum terlalu lengkap.

Pada bagian lain kawasan pantai menawarkan tempat camping yang begitu nyaman. Anda yang ingin melihat sunrise hingga sunset harus mencoba berkemah di lahan itu. Kemudian penginapan juga sudah terlihat cukup banyak di dalam Pantai. Terdapat pula kursi dan gazebo pada setiap sudut untuk menunjang aktivitas bersantai ketika liburan ke destinasi bahari ini.

Pantai Congot merupakan pantai yang sedang populer di daerah Jogja. Bagi yang ingin kesana bisa datang kapan saja karena destinasi selalu buka. Kunjungi pula hutan mangrove dan spot jembatan ketika berkunjung untuk melihat sisi keunikan Pantai. Jika ingin lebih seru ajak sejumlah kerabat dekat dan pastikan tetap hati-hati saat berenang.