publiknesia.com – Malang, hingga saat ini masih menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Ada banyak hal menarik yang bisa anda kunjungi di kota ini. Mulai dari kawasan pegunungan, wisata tematik sampai dengan pantainya yang indah. Pantai Teluk Asmara masuk dalam jajaran pantai yang juga tak boleh dilewatkan begitu saja.

Pantai di Jawa Timur ini digadang gadang mirip dengan Raja Ampat karena gugusan pulau karangnya. Bisa dikatakan jika pantai ini adalah pantai yang baru, karena baru diresmikan di tahun 2017 silam. Namun namanya sudah berhasil menarik perhatian dan banyak diburu wisatawan. Suasananya yang masih terbilang sepi akan membuat anda ingin berlama-lama.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Asmara

1. Panorama yang Menawan

Daya tarik utama yang dimiliki pantai hits ini memang pada panorama yang dihadirkan. Layaknya pantai Selatan lainnya, panorama yang disuguhkan tidak akan membuat anda kecewa. Begitu anda tiba di pantainya, anda akan melihat hamparan laut luas dengan air kebiruan. Kemudian dipadukan dengan pasir pantai khas yang menjadi paduan sempurna.

Kombinasi pemandangan yang disuguhkan ini membuat siapapun banyak memburunya saat musim liburan. Ditambah lagi anda juga bisa menikmati tebing batu karang serta tepian lautnya yang landai. Semakin cantik dengan hadirnya gugusan karang yang menjadi keunikannya. Pantai eksotis yang ada di Malang ini memang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

2. Menikmati Sensasi 2 Pantai

Anda mungkin akan bingung tentang hal ini, tetapi memang seakan akan anda berada di dua pantai yang berbeda. Hal ini dikarenakan adanya bukit yang berada di tengah-tengah Pantai Teluk Asmara. Kehadiran bukit ini seakan menjadi penyekat antara tepi pantai satu dengan tepi lainnya. Di bagian kiri, anda akan menikmati laut landai dan tenang, ombaknya seakan tidak ada.

Di bagian ini, anda juga bisa menemukan gugusan karang dan menjadi lokasi anda bermain di tepi pantai. Air lautnya tidak tinggi, sehingga dinilai lebih aman untuk bermain air. Jarak 50 meter saja, anda hanya akan menemukan air laut yang tingginya setengah meter saja. Ketika airnya surut anda akan menikmati serta menjelajah karangnya.

Sementara di bagian kanan tidak ada gugusan karang, tetapi anda akan menemukan tepian pantai yang berpasir indah. Di bagian inilah biasanya pengunjung akan bermain pasir ataupun air. Beberapa juga menjadikan bagian kanan untuk berenang. Tetapi ombaknya cukup kuat sehingga harus dalam pengawasan yang ekstra.

3. Termasuk Pantai yang Baru

Di sepanjang jalur selatan Malang memang ada banyak pantai yang menawan. Dan salah satunya yang masih terbilang baru adalah Pantai Teluk Asmara. Dengan begitu anda bisa memastikan jika pantai keren ini masih asri dan terjaga keasliannya. Seakan akan anda sedang berada di pantai pribadi, terutama ketika di luar hari libur nasional atau akhir pekan.

4. Miliki Pemandangan Layaknya Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat memang tak bisa ditolak oleh siapapun, bahkan terkenal hingga mancanegara. Bagi anda yang masih belum bisa mengunjungi wisata bahari tersebut, kini anda bisa menjadikan pantai ini sebagai tujuan. Mengingat lokasinya memang memiliki panorama yang mirip dengan Raja Ampat, terutama jika dinikmati dari ketinggian.

Jika anda melihat dari atas, gugusan pulaunya dengan pepohonan di dalamnya terlihat seakan mengapung di atas pantainya. Ditambah dengan perairan birunya, membuat anda ingin mengabadikan setiap momen di pantai ini. Dan pulau karang ini tidak hanya satu saja, melainkan ada beberapa. Pemandangan ini akan semakin cantik jika langit sedang cerah dan biru.

5. Memiliki Pasir yang Unik

Daya tarik berikutnya adalah terletak pada pasir pantai yang dimilikinya. Pasir di pantai ini layaknya butiran pasir tetapi memiliki warna putih kekuningan. Jika anda sulit membayangkan, mirip yang biasanya dijual untuk penghias di akuarium. Warnanya memang tidak putih bersih dan hal inilah yang membedakan Pantai Teluk Asmara dengan lainnya.

Butiran pasirnya berbentuk bulat dan terdapat beberapa pecahan kulit kerang yang ukurannya kecil dan terselip di hamparan pasir tersebut. Ketika bersentuhan dengan kulit anda bisa dikatakan pasirnya lembut serta nyaman di pijak. Sehingga pengunjung bisa bebas bermain di atas pasir pantainya ini, tak jarang juga bisa menemukan cangkang siput laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Tidak sulit untuk menjangkau Pantai Teluk Asmara yang ada di Malang Selatan ini. Beralamat di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau mobil untuk sampai lokasi. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam 15 menit dari pusat kota Malang dan ketika kondisi jalannya memadai atau tidak macet.

Akses jalan menuju lokasi sudah terbilang memadai dibandingkan sebelumnya. Agar bisa sampai menuju lokasi, anda bisa menggunakan rute menuju Gadang juga Bululawang. Setelah itu anda bisa langsung mengarahkan kendaraan ke anda menuju arah Pantai Sendang Biru. Akan ada banyak petunjuk yang akan membantu anda untuk sampai tujuan.

Anda juga bisa menggunakan rute menuju daerah Kepanjen dan melewati Turen. Dari Turen anda bisa menuju ke arah Sumbermanjing Wetan dan melewati Jalur Lintas Selatan. Sepanjang jalur ini, anda akan menemukan banyak pantai berderet. Silahkan ikuti rute yang membawa ke Goa Cina, jarak 500 meteran dari perempatan anda akan menemukan pintu masuk menuju Teluk Asmara.

Dari pintu masuk menuju bibirnya masih cukup jauh, dan bisa ditempuh dengan kendaraan anda. Manapun rute yang anda pilih menuju lokasi, pastikan anda memilih yang paling mudah untuk dijangkau. Selain memanfaatkan petunjuk arah, anda juga bisa mengandalkan GPS yang terpasang pada smartphone anda. Atau bisa juga bertanya dengan masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan yang dimiliki Teluk Asmara, anda tak perlu merogoh kantong dalam. Baik anak anak maupun orang dewasa akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 10 ribu saja. harga berlaku untuk akhir pekan maupun di hari biasa. Dan tentu saja masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan anda.

Bagi anda yang membawa kendaraan roda dua, tarifnya sekitar Rp 5 ribu saja. Sementara untuk mobil bisa sampai Rp 10 ribu. Harga tiket masuk maupun parkir tentu bisa mengalami kenaikan kapanpun. Anda bisa mengunjungi pantai indah ini setiap hari, karena memang buka dari Senin sampai Minggu. Jam operasionalnya sendiri masih belum diberlakukan, alias selama 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Teluk Asmara

1. Berjalan-Jalan di Tepi Pantai

Kegiatan seru yang bisa anda lakukan beragam, salah satunya adalah berjalan jalan di tepi pantainya. Areanya memang termasuk luas, sehingga berkeliling area pantai ini menjadi hal yang menyenangkan. Anda juga bisa mendaki bukit dan menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Untuk melakukan kegiatan ini, pastikan anda mengenakan alat kaki yang nyaman.

2. Bermain di Tepi Pantai

Selain berjalan jalan, anda juga bisa bermain air atau membangun istana pasir di tepi Pantai Teluk Asmara. Suasananya yang memang tak terlalu ramai sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Mengajak si kecil juga masih aman selama dalam pengawasan yang ketat. Anda bisa memilih bagian yang ombaknya lantai dan tidak tinggi.

Bersantai di pinggir pantai bisa dilakukan dengan menggelar tiket atau sekedar memasang hammock di antara pepohonan. Fasilitas gazebo yang disediakan juga bisa anda manfaatkan. Menariknya anda bisa menemukan gua kecil di tepi pantai yang juga bisa dimanfaatkan untuk berteduh. Kegiatan ini semakin seru jika anda datang bersama rombongan.

3. Berenang dan Snorkeling

Rasanya memang tidak lengkap jika mengunjungi pantai tapi tidak basah basahan. Maka dari itu, bagi anda yang ingin berenang bisa memilih di area yang landai. Teluk Asmara yang merupakan teluk memang memiliki perairan yang lebih tenang. Dengan airnya yang jernih menarik pengunjung untuk segera berenang atau snorkeling.

Dengan snorkeling anda bisa menyambangi bawah lautnya yang masih terjaga. Apalagi didukung dengan ombak tenang dan juga air yang jernih. Hanya saja anda yang ingin melakukan aktivitas snorkeling ada baiknya membawa peralatan sendiri. Dengan begitu anda bisa menikmati bawah lautnya yang berwarna warni lengkap dengan ikan yang berenang ke sana kemari.

4. Berkemah

Pantai Teluk Asmara juga termasuk pantai yang banyak direkomendasikan untuk mendirikan tenda. Dengan berkemah, anda bisa memiliki waktu liburan yang lebih leluasa. Saat malam datang, anda bisa membuat api unggun dengan latar belakang ombak sebagai musiknya. Peralatan untuk kemah bisa dibawa sendiri dari rumah ataupun menyewa di lokasi.

5. Berburu Sunset dan Foto Kekinian

Pantai ini juga terkenal dengan sunsetnya yang akan membuat jatuh hati. Cahaya keemasan yang berada di ufuk dan berpadu dengan air laut memberikan kesan romantis yang kental. Dan aktivitas ini akan semakin membuat liburan anda lengkap. Tidak ketinggalan, anda juga bisa berburu foto foto cantik untuk diunggah di media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Walaupun termasuk destinasi yang baru, tetapi soal fasilitas anda tak perlu khawatir. Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang dihadirkan. Anda bisa menemukan kebutuhan dasar wisatawan seperti toilet dan mushola. Area parkir di kawasan Pantai Teluk Asmara juga terbilang besar untuk menampung kendaraan wisatawan, tentu saja dijamin keamanannya karena ada penjaganya.

Beberapa penjual juga hadir dengan menawarkan berbagai menu makanan juga minuman. Hadirnya gazebo juga bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk beristirahat di area pantainya. Yang jelas, fasilitas yang ada sudah memadai dan membuat nyaman. Bagi anda yang ingin bermalam di pantai cantik ini bisa dengan mendirikan tenda di tepi pantai.

Atau jika ingin menginap, ada beberapa penginapan yang lokasinya tak terlalu jauh dari pantai. Seperti Villa Asmara Hills yang bisa anda jadikan pilihan menginap bersama keluarga besar. Lokasinya tak terlalu jauh dari pantai dan menawarkan banyak fasilitas memadai. Atau bisa juga memilih Ariesta Homestay yang cocok untuk para backpacker.

Menghempas penat dengan mengunjungi pantai yang cantik tentu akan memberikan kesan tersendiri. Dan jika anda sedang di Malang, Pantai Teluk Asmara bisa anda jadikan pilihan. Keindahan yang disuguhkan memang fakta dan akan membuat liburan semakin menyenangkan. Pantai ini juga termasuk pantai yang keindahannya masih terjaga dan bersih.