publiknesia.com

Ban serep atau cadangan memiliki peran penting sebagai pengganti ban utama jika mengalami situasi darurat, semisal bocor, pecah atau robek.

Mengingat pentingnya peran ban cadangan, maka Anda harus merawat ban serep secara berkala, dan diperlakukan layaknya ban utama. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang terkesan mengabaikan peran ban serep dengan tidak melakukan perawatan seperti ban utama.

Selain space saver, ada juga ban serep ukuran full-size

Akibatnya, saat dibutuhkan kondisi ban serep Anda tidak prima yang tentu akan menyulitkan Anda saat membutuhkannya. Lalu, bagaimana cara merawat ban serep yang baik dan benar?

Dilansir dari Toyota Connect, ada beberapa langkah merawat ban serep yang bisa Anda lakukan sendiri dan dapat merawat kondisi ban jika dilakukan secara berkala. Apa saja? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Perhatikan kondisi karet

Paling utama, coba perhatikan kondisi karetnya. Apakah masih bagus atau sudah mulai terlihat retak dan permukaan getas. Biasanya, kondisi ban serep yang terlalu lama ‘ngandang’ di dalam bagasi membuat kondisi karet jadi tak prima.

Pastikan ban dalam kondisi prima, dan buat tekanan anginnya lebih besar 10 PSI dari ban normal

2. Memeriksa tekanan udara ban serep

Berikutnya adalah memeriksa tekanan udara ban serep, karena memiliki peran penting untuk memastikan ban serep tetap dalam kondisi prima sehingga bisa langsung dipakai saat dibutuhkan.

Setidaknya, minimal sebulan sekali coba cek tekanan udara ban serep dengan angka 10 PSI di atas tekanan ban normalnya. Sama dengan ban yang biasa dipakai, tekanan udara juga harus terjaga karena bila kurang tidak akan nyaman digunakan.

3. Memaksimalkan peran ban cadangan

Untuk lebih memaksimalkan peran ban cadangan dan menjaga fungsinya, lebih bauk kamu melakukan rotasi atau penggantian dengan ban lain. Tapi, ini hanya berlaku untuk ban serep dengan ukuran sama seperti ban utama.

Teknik rotasi ban hanya bisa dilakukan dengan ban serep full-size

Dengan adanya rotasi, maka akan membuat seluruh ban mobil digunakan sehingga dapat menjaga kondisi ban secara optimal. Itulah tips merawat ban serep yang tadi Cintamobil.com hendak sampaikan. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat.