publiknesia.com

Anjing merupakan hewan peliharaan yang cukup dekat dengan manusia. Tak heran hewan berkaki empat itu juga sering menemani aktifitas manusia, termasuk ketika berpergian menggunakan mobil.

Sebagian para pemilik anjing memang suka mengajak hewan kesayangannya untuk berjalan-jalan. Meskipun terlihat sepele, ternyata membawa anjing di mobil tidak semudah yang Anda lihat. Perlu memperhatikan beberapa hal ini supaya anjing juga tetap aman dan nyaman di perjalanan.

1. Di Bangku Belakang

Letakkan anjing di jok belakang

Saat membawa anjing di mobil, sebaiknya letakkan anjing di bangku penumpang belakang. Meskipun anjing berukuran kecil, jangan pernah memangku hewan tersebut ketika Anda nyetir mobil. Karena ketika anjing bergerak tiba-tiba, maka respon dan konsentrasi Anda akan terganggu.

Ketika membawa hewan peliharaan ini dengan diletakkan di bangku penumpang belakang, Anda bisa mengikatnya pada jok atau meletakkannya di box anjing. Jika mengikatnya, pastikan tali pengikat cukup panjang agar anjing leluasa bergerak.

2. Buka Jendela

Biarkan kaca jendela sedikit terbuka

Sama seperti manusia, anjing juga memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. Ketika berada di dalam mobil dan terkena hembusan hawa AC dalam waktu yang lama, bisa saja anjing merasa tidak nyaman. Karena itulah sebaiknya buka sedikit kaca jendela sehingga ada udara luar masuk ke kabin.

Ketika Anda turun dari mobil, jangan meninggalkan anjing di mobil sendirian. Karena saat mobil dalam kondisi mati, maka hawa panas di mobil akan mengganggu ketahanan tubuh hewan tersebut.

3. Butuh Istirahat

Istirahat sejenak jika lakukan perjalanan jauh

Sama seperti Anda yang lelah mengemudi, saat membawa anjing di mobil untuk jarak yang jauh, sebaiknya sesekali berhenti untuk beristirahat. Biarkan anjing kesayangan Anda keluar dari mobil dan menikmati udara segar.

Ajaklah hewan tersbeut untuk menyusuri rute pendek di lokasi Anda berhenti. Berikan makan dan minum, dan biarkan jika ia ingin buang air kecil atau besar. Jika dirasa kondisi hewan itu sudah kembali segar, maka Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan.