publiknesia.com – BANBURY – Jika bicara soal Prodrive, kemungkinan besar beka kita akan tertuju pada Subaru Impreza yang ikonik dari World Rally Championship (WRC). Karena memang Prodrive salah satunya pernah menangani proyek WRC dari Subaru. Dan untuk mengenang masa jaya tersebut, Prodrive sepertinya akan merilis sebuah mobil berbasis Impreza di masa lalu.

Melalui media sosial resminya, perusahaan berorientasi motorsport dari Inggris ini merilis teaser sebuah mobil yang dinamai “P25”. Diyakini mobil ini akan merupakan sebuah proyek restomod berbasis Impreza WRX versi dua pintu. Bahkan tanggal peluncurannya disertakan juga, yaitu pada tanggal 25 Mei 2022.

Ciri-ciri Subaru sangat kentara pada teaser, yang menunjukkan siluet mobil sedan coupe tersebut dari samping. Selain garis warna biru yang sangat khas Subaru, beberapa ciri dari Subaru juga terlihat seperti air scoop menonjol di kap mesin dan sayap belakang tinggi. Terlihat gaya desain bumper depan dan belakang yang besar seperti Impreza WRC di masa lalu.

“An icon redefined, this is P25. 25/05/22”, tulis singkat Prodrive pada caption unggahan tersebut yang sekaligus membangkitkan unsur nostalgia bagi para penggemarnya. Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa Subaru Impreza generasi pertama, khususnya yang versi dua pintu, telah menjadi ikon pada masanya. Salah satunya terasosiasi dengan pereli legendaris Colin McRae.

Seperti dikatakan, nama Prodrive sangat kuat terikat dengan Subaru karena pernah dipercaya menjalankan operasi Subaru World Rally Team di periode 1990 sampai 2008. Sebanyak tiga gelar juara pereli dan tiga gelar pabrikan diraih oleh Subaru bersama Prodrive. Selain McRae, pereli yang juga berhasil menjadi juara WRC bersama Subaru yaitu Richard Burns. Keduanya bahkan dipakai namanya untuk menjadi judul video game.

Eksistensi Impreza WRC di reli dunia dimulai pada tahun 1997, 25 tahun lalu, saat WRC menerapkan regulasi baru untuk menggantikan Group A. di tahun itu, Subaru bersama Prodrive langsung menjadi juara pabrikan, sementara McRae hanya tertinggal satu poin dari Tommi Makinen untuk gelar juara dunia pereli.

Nama P25 sendiri diyakini dipilih untuk merayakan 25 tahun sejak dibuatnya Impreza P1 oleh Prodrive di tahun 2000. Saat itu, Impreza coupe dijadikan basis untuk proyek modifikasi besar oleh Prodrive. Modifikasi yang dilakukan meliputi suspensi dari Prodrive, performa mesin menjadi 280 hp, extension khusus pada spoiler depan yang didesain Peter Stevens, sosok yang ikut terlibat perancangan supercar McLaren F1.

Kita tinggal menebak saja akan seperti apa jadinya Prodrive P25 ini. Apakah menjadi restorasi Impreza P1 dengan spesifikasi yang sama, atau bahkan sebuah mobil yang berbeda dengan basis mobil sama. Yang pasti proyek ini akan menjadi mobil yang membangunkan nuansa nostalgia para penggemar Subaru di WRC.(WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Prodrive

carvaganza.com.