publiknesia.comJakarta, CNBC IndonesiaKredivo telah bekerja sama dengan e-commerce JD.ID untuk menyediakan pembayaran JD.ID paylater. Tak main-main, paylater yang disediakan Kredivo menawarkan bunga rendah, mulai dari 0% dan tenor hingga 12 bulan.

Namun, kemudahan dan kepraktisan yang diberikan paylater, terkadang membuat orang lupa kalau paylater pada dasarnya sama dengan layanan kredit lainnya. Di mana paylater merupakan alat pembayaran, bukan dana tambahan.

Artinya, masih ada tagihan yang wajib Anda bayar di kemudian harinya. Karenanya, jika menggunakan layanan ini dengan kalap, dan tanpa mengetahui kemampuan bayar, sudah pasti Anda menjadi boros dan memiliki risiko terlilit utang.

Nah, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan manfaat dari paylater dan tidak merasa dirugikan oleh layanan ini.

1. Menggunakannya Sesuai dengan Kemampuan

Menyadari kemampuan bayar diri sendiri adalah hal utama yang harus Anda lakukan supaya merasakan manfaat dari paylater. Misalnya, HP Anda rusak dan butuh diganti agar pekerjaan tidak terhambat.

Ketika memilih HP, Anda perlu menghitung seberapa besar kemampuan cicilan yang bisa dibayar setiap bulan. Hindari memilih HP yang mahal sekaligus, meskipun Anda memiliki limit yang memadai dari aplikasi paylater yang Anda gunakan.

Misalnya, Anda dan mendapatkan limit sebesar Rp 20 juta dari Kredivo dan berencana untuk menggunakannya. Lalu, Anda tertarik membeli iPhone edisi terbaru seharga Rp 18 juta. Padahal, kalau dihitung, Anda hanya bisa mengambil cicilan smartphone yang per bulannya Rp 500 ribu.

Nah, daripada memaksakan dan ujung-ujungnya boncos, lebih baik beli dan pilih smartphone yang bujetnya masuk di kantong.

2. Mengutamakan Kebutuhan yang Mendesak

Kebutuhan yang mendesak sejatinya adalah kebutuhan yang jika tidak dipenuhi, maka akan ada aktivitas hidup yang terganggu dan bisa jadi mengeluarkan biaya lebih besar. Misalnya, kulkas atau mesin cuci di rumah rusak karena sudah tua.

Apabila alat elektronik seperti kulkas atau mesin cuci rusak, tentunya akan ada aktivitas hidup yang terganggu di rumah. Di sinilah, peran paylater akan bermanfaat untuk kredit kulkas atau mesin cuci baru, bukan hanya ingin menggantinya karena bosan atau mengikuti tren saja.

3. Tidak Mengambil Cicilan Baru, Sebelum Melunasi yang Lama

Pada akhir tahun seperti sekarang, Kredivo bisa menjadi pilihan metode pembayaran JD.ID paylater dengan memberikan diskon Harbolnas pada 11.11 nanti, berupa cicilan 0% untuk tenor 6 bulan, dan gratis cicilan 1 bulan untuk tenor 12 bulan.

Memang, promo ini menarik sekali untuk digunakan. Namun, mengambil cicilan baru, sama dengan menambah beban keuangan baru per bulannya. Jika ada dua cicilan berjalan dalam waktu bersamaan, artinya beban keuangan akan bertambah jadi dua kali lipat.

Tidak apa-apa jika tagihan masih di bawah 30% pendapatan, atau masih sesuai dengan kemampuan Anda, yang tidak disarankan adalah mengambil cicilan baru, tetapi total tagihannya tidak bisa Anda bayarkan, atau malah mengorbankan kebutuhan lainnya.

4. Tidak Memberikan Paylater Anda ke Orang Lain

Jangan meminjamkan akun paylater Anda ke orang lain atau mengambil pinjaman atau cicilan untuk orang lain. Kedua hal ini sangat tidak disarankan, karena akan berisiko pada keamanan akun Anda.

Selain itu, meminjamkan atau mengambil cicilan untuk orang lain juga akan lebih merugikan diri sendiri. Sebab, jika orang yang bersangkutan tidak bisa dihubungi atau tidak mau lagi membayar cicilan yang tersisa, maka Anda yang harus bertanggung jawab dan membayar cicilannya.