publiknesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2022/10/24/Ay6TmsFs/truk-listrik-geely-47fb.jpg”>

Sebagai pasar kendaraan komersial terbesar di dunia dan salah satu pasar otomotif terbesar, China mengalami kenaikan terbesar untuk segmen kendaraan komersial ringan bertenaga listrik. Pangsa truk listrik di Negeri Tirai Bambu tersebut meningkat dari kurang 1% hingga saat ini menjadi 10% selama dua tahun terakhir.

Segmen Pasar Meningkat

Sebagaimana dilaporkan oleh Bloomberg, peningkatan yang signifikan ini tak terlepas dari berbagai dukungan kebijakan, banyaknya model yang tersedia, serta peningkatan skala besar melalui investasi struktur pengisian daya listrik yang ditawarkan bagi konsumen di China.

Kendaraan komersial bertenaga listrik semakin banyak ditemui di China

Dalam dua tahun terakhir, China telah bereksperimen untuk mengidentifikasi campuran yang tepat untuk segmen ekonomi, teknologi, sampai dengan kebijakan untuk terus mendorong adopsi kendaraan tanpa emisi yang lebih luas. Bukan hanya untuk kendaraan penumpang, tapi juga di segmen komersial.

Walaupun masih banyak perdebatan antara mobil listrik dengan sel bahan bakar hidrogen, data terbaru dari China melalui analisis BloombergNEF menunjukkan bahwa mobil listrik murni memiliki pangsa yang lebih besar dibandingkan kendaraan berbahan bakar alternatif.

Kurangi Ketergantungan BBM

Masalah daya tempuh yang ditakutkan untuk transportasi jarak jauh masih menghantui pemilik kendaraan. Namun hal tersebut bisa dipecahkan dengan meningkatkan fasilitas pertukaran baterai. Tentunya meminimalisir waktu yang terbuang ketika mengisi daya kendaraan listrik.

Data tahun lalu menunjukkan bahwa pada tahun lalu, jumlah stasiun penukaran baterai di China telah meningkat sebesar 318%. Membantu lebih dari 34.000 van dan truk listrik dengan baterai yang dapat ditukar.

Elon Musk menyebutkan Tesla Semi akan dikirim ke pelanggan

Semakin maraknya penggunaan truk listrik di China diklaim mampu membantu ketergantungan terhadap bahan bakar minyak untuk mobil konvensional. Apalagi kendaraan komersial seringkali melakukan perjalanan jauh serta membawa bobot yang tak ringan, sehingga membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk sekali perjalanan.

Pasar dan model untuk segmen kendaraan komersial ringan memang sedang mengalami perkembangan pesat. Misalnya Elon Musk yang baru saja mengumumkan pengiriman Tesla Semi, serta Volvo yang sudah mendapatkan pemesanan untuk truk listrik Volvo FH dari Amazon.

cintamobil.com.